Bahan Khusus Pengembang dan Pelembut Cake & Roti

Bahan Pengembang dan Pelembut roti dan cake

Cake dan roti sudah dikenal harus menggunakan bahan khusus, terutama yang bisa membuat roti atau cake yang kita buat menjadi mengembang serta memiliki tekstur yang lembut. Ada banyak jenis dan merk dari pengembang dan pelembut kue yang beredar dipasaran, yang  beberapa sudah menjadi sangat populer dikalangan pembuat cake dan roti. Mungkin anda sudah seringkali mendengar istilah-istilah seperti SP, TBM, Ovalette, dan Fermipan, baking soda, esen, bread conditioner, softener kue, ragi instan. dsb. Jika Bunda tertarik untuk membuat kue, maka bahan-bahan ini sepertinya perlu untuk diketahui dan dikenal dengan baik mulai dari kegunaan hingga cara penggunaan serta beberapa contoh merk yang populer dipasaran. Jika Bunda sudah mengenal dengan baik kegunaan bahan-bahan khusus ini, maka roti atau cake akan terhindar dari risiko roti bantat atau gosong akibat salah pilih dan menakar bahan-bahan tersebut.

Advertisement

A. Bahan Pelembut Cake/ Roti :

TBM, Ovalette, dan SP

  • Roti terutama membutuhkan bahan pelembut supaya teksturnya bisa memanjakan lidah. Ada 3 jenis pelembut yang seringkali diambil oleh pembuat cake yaitu SP, TBM, dan Ovalette.
  • TBM: memiliki kegunaan untuk membuat tekstur cake yang lembut. Dibuat dari bahan utama yaitu drigliserid, umumnya ditambahkan saat mengaduk telur yaitu 1 sdt TBM untuk 5 butir telur.
  • Ovalette : memiliki fungsi serupa dengan TBM, sehingga bisa saling menggantikan jika salah satu tidak tersedia. Yang membedakan mungkin hasilnya berdasarkan kualitas masing-masing.
  • SP:  berbeda dengan TBM dan ovalette, SP selain melembutkan tekstur cake, ia juga memiliki fungsi untuk menyatukan adonan sehingga adonan lebih stabil. Sehingga demikian SP umumnya paling bagus untuk membuat Cake daripada roti.

Bahan ini juga dipakai dalam Resep Membuat Es Krim yang kita posting sebelumnya.

Shortening

Merupakan salah satu bahan untuk melembutkan cake, atau dikenal juga sebagai mentega putih. Namun jika membuat cake disarankan menggunakan shortening yang mengandung emulsifier supaya mengikat air sehingga tidak terjadi penguapan saat proses pemanggangan.

Softener

Merupakan bahan yang berfungsi melembutkan, menghaluskan pori-pori,  serta tekstur cake dan roti. Hal ini juga untuk menghilangkan bau amis dari telur yang dilengkapi dengan aroma buah atau vamili, dan untuk meningkatkan kelembaban cake ketika dipotong. Tersedia 2 bentuk softener kue yaitu bentuk cair, contoh merk diva cake softener atau spontan cake softener, dan bentuk bubuk contoh merek fruit powder dan maraquin.

Coba Juga :   Cara Membuat Kue Nastar Keju yang Empuk

Margarin/mentega

Merupakan lemak yang berfungsi supaya cake bisa tahan lama, juga untuk melembutkan dan menjaga aroma. Selain harus bisa mengemulsi juga warnanya harus putih,  sehingga mentega harus dikocok sampai benar-benar menjadi putih dan mengembang.

B. Bahan Pengembang Cake/Roti :

Ragi Instant

Orang mungkin lebih akrab dengan Fermipan. Iya, fermipan adalah merk ragi instan asal Perancis yang paling sering digunakan oleh baker(pembuat roti) sehingga terkadang sudah seperti menjadi namanya. Biasanya digunakan sebagai pengembang terutama dalam membuat roti. Ragi instan ini harus bercampur dengan air dan gula sehingga gula menjadi karbondioksida yang akan membuat adonan mengembang.

Baking Powder

Baking powder menggunakan bahan yang bersifat membuat kue mengembang keatas jika bertemu dengan cairan dan terkena panas, sehingga cocok untuk membuat cake, seperti cupcake, bolu panggang maupun kukus. Baking powder iterdiri dari 2 jenis yaitu single acting  dan double acting baking powder. Jenis Double Acting baking seringkali digunakan apabila baker akan mengukus maupun memanggang adonan cake dalam jumlah besar, yang berguna supaya adonan tetap mengembang walaupun masih menunggu giliran untuk dimasukkan kedalam oven.

Baking Soda

Baking soda adalah Sodium Bicarbonat, yaitu bahan yang bersifat mengeluarkan gas Co2 sehingga kue bisa mengembang melebar kesamping. Biasanya ketika membuat cake digunakan bersama dengan baking powder. Kue kering yang dibuat dengan soda kue bisa memiliki tekstur kering dan renyah.

Demikian beberapa bahan khusus cake dan roti, yang memiliki 2 fungsi utama yaitu mengembangkan dan melembutkan. Ada banyak merk yang beredar dipasaran. Membuat roti memang tidak begitu mudah, sehingga untuk lebih jauh mengenal merk dengan berbagai karakter masing-masing sebaiknya berguru kepada pembuat cake/roti yang memiliki pengalaman atau membaca buku resep dengan seksama sebelum mencoba.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *