Membuat kuluban/urap-urap yang enak

resep kuluban urap-urap

Urap-urap adalah beberapa jenis sayuran yang diolah dengan cara direbus, kemudian diberikan bumbu dengan ciri khas yang terlihat ada parutan kelapanya. Terlihat umum dan nikmat jika urap-urap atau yang juga disebut dengan kuluban ini dimakan bersama nasi jagung. Walaupun menu ini sudah sangat populer terutama di Jawa, namun saya yakin jika ibu muda masih belum mengerti betul bumbu dan cara membuatnya. Jadi kebetulan jika Anda datang ke sini, karena resep kuluban kesukaan saya yang bergizi berikut bisa Anda aplikasikan sendiri didapur Anda

Advertisement

Resep membuat urap-urap – menu sayuran sederhana namun sehat dan lezat

Bahan :

  1. 1/2 butir kelapa setengah tua, diparut.
  2. 3 ikat kangkung
  3. 1 ikat bayam
  4. 1 ikat kacang panjang
  5. 1 ikat daun belinjo
  6. 2 ikat sawi hijau
  7. 1/4 bagian kubis ukuran sedang
  8. 2 ons kecambah
  9. Mentimun muda, kupas, lalu iris-iris.

Bumbu :

  1. 2 siung besar bawang putih
  2. 6 buah cabe merah
  3. 2 cm kencur
  4. 2 sdt gula merah
  5. 1 sdt garam

Cara membuat :

  1. Pilih daun atau bagian yang baik dari semua sayuran, cuci hingga bersih. Potong-potong kacang panjang sesuai selera, biasanya kira-kira 10 cm. Rebus sayuran dengan memasukkan terlebih dahulu kacang panjang sampai agak lunak, kemudian menyusul sayuran yang lain, dan lanjutkan merebus sampai semua sayuran lunak. Tiriskan.
  2. Tauge di cuci bersih, kemudian hanya direndam dengan air panas sampai mendidih.
  3. Sangrai semua bumbu, lalu haluskan dengan ditambah garam, gula merah. Masukkan parutan kelapa, campurkan hingga rata dengan bumbu.
  4. Hidangkan dengan cara mencampur bumbu dan semua sayuran. Boleh ditambah irisan mentimun jika suka.
Coba Juga :   Semur Terong

Tips :

  • Sendirikan antara sayuran dan bumbu kelapanya. Hal ini agar sayuran tidak basi, serta orang bisa memilih jenis sayuran yang disukai saja yang akan diambil, kemudian dicampur sendiri dengan bumbu parutan kelapanya sesuai selera masing-masing.
  • Bisa ditambah dengan tempe kukus yang, kemudian diremas-remas hingga hancur sebelum ditambahkan kedalam sayur urap-urap.

Tak sulit bukan cara membuat urap-urap sayurannya?.. Silahkan dipraktekkan, kemudian disantap bersama nasi dan lauk yang lain seperti mendol tempe, tempe goreng, atau ikan asin.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *