Membuat bubur Ubi jalar untuk Bayi

kandungan nutrisi ubi jalar

Ubi jalar, sebuah nama dari jenis umbi-umbian, yang mungkin akan mengingatkan Anda dengan kampung halaman tempat tinggal masa kecil dulu. Tak salah, makanan ini masih identik dengan kebersahajaan dan kesederhanaan. Namun tahukah Anda bahwa ubi jalar ternyata disebut sebagai “superfood” diluar sana?.. Apakah berlebian?.. ternyata tidak, karena faktanya ubi jalar mengandung tinggi gizi dan tentu sangat menyehatkan. Bahkan Anda mungkin tak menyangka jika kentang manis ini mengandung banyak vitamin C, diikuti dengan provitamin A, kalium, folat, dan mineral penting penambah darah, zat besi. Ubi jalar juga 0 lemak dan 0 kolesterol, tapi tinggi kalori sehingga juga merupakan penambah tenaga yang sehat. Baca juga : Gizi dan keuntungan makan ubi jalar bagi kesehatan. Ternyata “si umbi” yang sarat gizi ini juga sangat baik untuk makanan si kecil lho?.. Bahkan semenjak bayi mulai diperkenalkan dengan makanan padat pendamping asi. Termasuk buah pisang, seperti apa yang telah diberikan kepada bayi pada era yang lalu, merupakan MPASI yang bagus buat bayi.  Lalu bagaimana cara membuatnya?… simak resepnya berikut!

Advertisement
Coba Juga :   Tumis Bayam Merah Enak dan Sehat

Cara membuat makanan bayi dari ubi jalar yang sehat dan bergizi tinggi

Bahan :

  1. 1 buah umbi jalar, pilih yang berkualitas bagus terutama yang berwarna oranye
  2. Susu secukupnya (jika Bayi diberikan asi, maka gunakan asi. Kalau diberi susu formula, gunakan susu formula).

Cara membuat :

  1. Rebus ubi jalar sampai benar-benar lunak. Dinginkan.
  2. Lembutkan umbi menggunakan sendok. Ambil secukupnya saja.
  3. Tambahkan air susu kedalam mangkuk khusus tempat makanan bayi, yang sebelumnya sudah diisi dengan ubi jalar yang sudah dilembutkan. Aduk sampai rata, serta jangan terlalu encer, juga jangan terlalu padat.
  4. Berikan kepada bayi bertahap, artinya pada kali pertama pemberian sedikit dulu, dan ditingkatkan untuk pemberian MPASI ini berikutnya.

Tips :

  1. Sendok, alat-alat, tempat makanan bayi khusus harus disterilkan, bisa dengan cara direbus atau direndam dengan air panas.
  2. Ikuti petunjuk pemberian makanan yang benar kepada bayi dari dokter/bidan Anda.

Rasa ubi jalar yang manis, tentu akan disukai oleh bayi Anda. Yang sehat belum tentu harus mahal kan?..

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *