Top Sayuran Paling bergizi dan menyehatkan

manfaat bit bagi kesehatan

Perbanyaklah makan buah dan sayuran untuk mendapatkan kesehatan yang baik secara menyeluruh, adalah nasehat yang umum disarankan oleh banyak pakar kesehatan. Hal ini tidak berlebihan karena sayur dan buah-buahan adalah sumber tertinggi dari berbagai jenis mineral dan vitamin yang secara alami sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Tak hanya membuat tubuh sehat dan bugar, dengan banyak mengkonsumsi makanan sumber nabati ini Anda memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan kecantikan dan awet muda. Walaupun rata-rata semua jenis sayur adalah menyehatkan, namun ada beberapa jenis yang diketahui lebih baik dan menempati urutan teratas dalam hal jumlah gizi dan manfaat kesehatan.

Advertisement

Inilah top sayuran yang paling bergizi dan menyehatkan diseluruh dunia

Kale

Kale banyak mengandung Vitamin K yang berguna untuk pembekuan darah, serta lutein yang baik untuk kesehatan mata Anda ). Selain itu juga banyak mengandung Vitamin C, merupakan antioksidan kuat yang baik untuk  sistem kekebalan tubuh, jantung, kulit dan lainnya.

Bayam

Bayam sudah sangat populer diseluruh dunia sebagai sumber zat besi nabati yang baik. Selain itu, sayuran berwarna hijau tua ini juga menyediakan Vitamin K ,  lutein, dan  vitamin C ; serta kalium yang berguna untuk otot dan hati. Klorofil pada bayam merupakan sumber yang sangat baik dari hampir semua vitamin dan nutrisi yang Anda butuhkan. Hal ini juga mengandung beberapa jenis serat , yang baik untuk kelancaran pencernaan dan BAB; bahkan para ilmuwan percaya bahwa diet bayam mungkin bisa mencegah Anda dari sakit jantung , kanker usus, dan arthritis. Baca juga : Resep Sayur Bayam Bening Enak

Brokoli

Brokoli memiliki potensi yang tinggi untuk melawan penyakit. Sayuran ini dikemas dengan antioksidan yang membantu mengurangi risiko sakit lambung, paru-paru dan kanker. Brokoli juga kaya akan beta-karoten, vitamin C dan folat, yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap pilek dan flu.

Wortel

Wortel sangat dikenal akan kandungan vitamin A yang tinggi, walau sebenarnya itu adalah beta karoten atau provitamin A (menunjukkan warna oranye pada wortel)yang akan diproses oleh tubuh untuk menjadi vitamin A. Selain betakaroten, wortel menyediakan sekitar 15% lutein dari yang Anda butuhkan setiap hari, ditambah lagi dengan Vitamin K dan serat.

Labu Kuning

Labu menyediakan beberapa nutrisi yang baik sebagai anti-inflamasi seperti vitamin C dan beta-karoten, bisa membantu mengobati puluhan kondisi termasuk asma, osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Labu kuning juga kaya akan kalium, magnesium dan serat.

Ubi Jalar

Umbi jalar atau ketela rambat ini memiliki puluhan nutrisi yang bersifat anti kanker seperti vitamin A, C, dan mangan. Juga merupakan sumber serat dan zat besi, sehingga tidak hanya memberikan energi, tapi juga dapat membantu mengatur sistem pencernaan Anda. Baca juga : Resep Membuat bubur Ubi jalar untuk Bayi

Coba Juga :   Kandungan Nutrisi Wortel dan Manfaatnya

Terong

Jangan memandang sebelah mata kepada terong, karena sayruan lembek ini tinggi nutrisi yang sehat untuk hati. Terong kaya akan antioksidan seperti nasunin (senyawa unik yang melindungi sel-sel otak dari kerusakan). Dan karena terong juga mengandung serat dan kalium, peneliti percaya bahwa makan sayuran ini rutin dapat mengurangi risiko stroke dan demensia.

Paprika

Apakah Anda lebih suka paprika warna merah, oranye atau kuning?, Namun semua paprika menyediakan puluhan jenis nutrisi yang baik untuk jantung seperti lycopene dan asam folat. Penelitian terbaru menyarankan untuk banyak mengkonsumsi paprika, karena diketahui dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker kandung kemih dan kanker pankreas.

Bawang

Sayuran yang merupakan bumbu dengan rasa pedas dan memiliki bau sangat kuat ini sangat baik untuk orang yang menderita osteoporosis, karena bawang sarat dengan peptida yang disebut dengan GPCS yang dipercaya ilmuwan dapat memperlambat hilangnya kalsium dari tubuh. Bawang juga bisa berguna untuk memerangi penyakit jantung dan diabetes karena mereka sarat dengan vitamin C dan folat. Bukan hanya itu, bawang putih sudah sangat dikenal menyehatkan kesehatan kardiovaskular, sehingga menjauh kan kita dari penyakit terkait pembuluh darah seperti darah tinggi, jantung, dan stroke.

Tomat

Meskipun sebagai buah, namun tomat paling sering disajikan sebagai sayuran. Buah ini kaya akan lycopene, yang telah dikenal akan khasiatnya untuk melawan kanker. Bukan saja penuh dengan vitamin  termasuk Vitamin C, A ke K, tomat juga bermanfaat menjaga tekanan darah dan membantu mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh kita. Ekstrak atau jus blender buah tomat rutin bisa sangat bagus bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Asparagus

Asparagus banyak mengandung mineral yang disebut magnesium, merupakan zat yang sangat baik untuk otot dan meningkatkan energi. Kekurangan magnesium akan membuat tubuh kita menjadi lemas, bahkan bisa kejang dan mudah kram. Beberapa pakar kesehatan bahkan menggunakan magnesium untuk mengobati penyakit tertentu tanpa banyak efek samping.
Selain itu, mengkonsumsi asparagus bisa membuat bau pipis yang lebih baik.

Beet/bit

Dalam umbi bit yang berwarna ungu kemerahan ini menyimpan banyak nutrisi penting bagi tubuh, termasuk kalium, magnesium, zat besi, vitamin A,B,dan C, betakaroten, betacianin, dan asam folat. Hal ini tentu sangat menyehatkan, terutama bagi wanita hamil supaya tetap sehat dan memiliki janin yang berkembang dengan baik. Bit juga dikenal sebagai sayuran yang baik untuk detoksifikasi hati, untuk membersihkan darah, sehingga mengurangi resiko penyakit termasuk kanker. Sayuran ini juga dikenal mengandung boron, yaitu suatu senyawa kimia dalam makanan yang bersifat afrodisiak.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *