Tips Menyiapkan Sarapan yang baik dan sehat

Tips menyiapkan sarapan yang baik

Sarapan sebenarnya harus dan tak boleh diabaikan, karena itu berguna sebagai sumber energi untuk tubuh kita selama beraktifitas hingga tengah hari nanti. Terutama bagi anak-anak, bahkan sarapan wajib karena disamping perlu untuk mendukung pertumbuhan, juga menutrisi otak agar bisa berkonsentrasi dengan baik selama belajar disekolah. Bagaimana sarapan yang baik itu?,,, sarapan yang baik harus sehat bergizi, menunjang hari yang penuh aktifitas, serta harus menggugah selera. Dan sebetulnya, makanan sarapan itu lebih penting dari makan malam dan makan siang.

Advertisement

Tips praktis menyiapkan dan menyusun sarapan yang sehat, nikmat, dan cepat

Makan sarapan harus memenuhi unsur gizi lengkap seperti berikut :

  1. Karbohidrat, yang bisa didapat dari makan kentang, nasi, mie, pasta atau roti.
  2. Protein, bisa didapat dari sumber makanan seperti telur, daging ayam, ikan, dan daging sapi.
  3. Vitamin dan mineral, terutama banyak terdapat dalam sayuran dan buah-buahan.
  4. Semua bahan diatas bisa disusun menjadi satu sebagai menu sarapan dan lauk pauk.

Sarapan harus menarik

Bagi Kita yang hidup di daerah perkotaan, kesulitan nomor satu menyiapkan sarapan yang baik adalah soal waktu. Pagi hari biasanya seperti diburu oleh waktu, sehingga tak jarang membuat nafsu makan menjadi berkurang. Oleh sebab itu, sarapan haruslah menarik, mampu menimbulkan nafsu makan, baik dari aroma dan penampilannya.

Coba Juga :   Cara memasak pare yang tidak pahit

Bisa bertahan lama

Energi yang kita dapatkan dari sarapan harus bisa paling tidak bertahan minimal hingga jam makan siang tiba. Hal ini karena kebanyakan kita tak akan sempat makan kudapan diantara kesibukan atau diantara waktu makan sarapan dan makan siang. Nasi dan daging adalah dua makanan yang sanggup memberi energi kepada kita lebih lama dan lebih mengenyangkan.

Menyiapkan sarapan

Supaya proses persiapan sarapan tidak banyak menyita waktu, maka menu sarapan bisa dipersiapkan pada malam hari atau bahkan seminggu sebelumnya. Tantu saja hal ini bukan dalam bentuk siap makan, akan tetapi setengah jadi. Berikut contohnya :

  1. Jika membuat makanan yang diisi seperti lasagna, pastel, pancake, risoles dsb, Anda bisa menyiapkan adonan untuk isinya lebih dahulu pada malam harinya.
  2. Jika Makanan menggunakan bumbu yang dihaluskan, bisa disiapkan pada malam sebelumnya, dan disimpan dalam wadah tertutup dalam lemari es.
  3. Jika menggunakan daging sapi, sebaiknya daging sudah direndam bumbu terlebih dahulu sejak malam hari, sehingga pada pagi hari kita tak perlu memasak terlalu lama untuk membuat bumbu meresap.
  4. Masak makanan sedemikian rupa, sehingga pada pagi harinya tinggal digoreng, dioven, dipanaskan, atau direbus.

Demikian tips sederhana untuk menyiapkan sarapan yang sehat, cepat, dan bergizi.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Tips Menyiapkan Sarapan yang baik dan sehat

  1. Sayangnya sekarang ini kebanyakan orang lebih memilih mengkonsumsi Mie Instan sebagai sarapan paginya, karena faktor cepat dan ringkas penyajiannya dengan mengesampingkan nilai gizi yang terkandung didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *