Tips Cara Alami untuk Melunakkan Daging Sapi kenyal

Cara melunakkan daging

Daging sapi memang sedap dan banyak menggugah selera makan orang. Selain itu, daging merupakan salah satu makanan bergizi yang penting untuk kita konsumsi. Namun sayangnya, terkadang orang merasa tersiksa ketika memakan daging, karena beberapa jenis potongan daging terasa sangat kenyal dan sulit dikunyah. Tapi, suatu saat ketika makan dirumah makan, kok beda ya?…. hidangan daging sapi disana justru terasa lembut dan nyaman ketika dikunyah. Nah tentu Anda bertanya-tanya nih, apakah ada rahasianya?… ya tentu saja, masakan daging direstoran tidak dimasak begitu saja – karena ada teknik atau metode khusus supaya hidangan daging yang disajikan lebih lembut dan menambah kenikmatan makan. Anda pengen tahu rahasianya?…

Advertisement

Berikut beberapa tips untuk membuat daging sapi menjadi terasa lunak dan lembut

Metode penumbukan

Bagian Potongan daging yang ulet bisa dilunakkan dengan metode irisan tipis dan pemukulan menggunakan palu daging. Cara memukul dengan menggunakan palu daging hampir mirip dengan memukul paku pada kayu namun ini dilakukan secara merata dan dengan tenaga yang disesuaikan. Caranya ; Siapkan talenan, lapisi bagian bawah dan atas daging dengan kertas lilin. Kemudian mulai dipukul-pukul menggunakan palu sampai rata bolak-balik.

Menggunakan bubuk pelunak

Bubuk untuk pelunak daging bisa dibeli ditoko, dan caranya hanya ditaburkan di irisan daging sapi yang liat. Bubuk ini dibuat khusus yang mengandung enzim yang bisa memecah serat-serat daging yang liat. Enzim ini seringkali diperoleh dari ekstraksi nanas dan pepaya.

Metode Pemanasan

Otot yang berada dalam daging dikelilingi oleh lapisan kolagen, yaitu yang merupakan jaringan ikat. Ketika kolagen dipanaskan hingga suhu tinggi antara 60ºC, maka kolagen akan mengencang dan menyusut, yang menyebabkan air daging keluar – ini akan membuatdaging menjadi sangat kering daging (mungkin tidak Anda inginkan, kecuali jika Anda menyukai steak). Sebaliknya, daging yang dipanaskan dengan suhu  71 ºC atau lebih maka kolagen akan menjadi seperti agar-agar, dan benar-benar akan membuat daging menjadi sangat lembut.
Jenis pemotongan daging yang cocok untuk dilunakkan dengan metode pemanasan adalah jenis Sandung lamur, tulang rusuk, atau jenis lainnya yang banyak mengandung kolagen. Namun cara ini tidak bekerja dengan baik pada daging filet mignon.

Caranya ; Anda bisa menggunakan panas kering atau panas basah. Grill adalah contoh panas kering, dan braising adalah contoh panas basah – yaitu mencelupkan daging terlebih dahulu kedalam cairan beraroma. Lakukan pemanasan dengan cara perlahan sehingga daging menjadi empuk.

Metode melunakkan daging dengan buah.

Enzim adalah molekul yang membantu mempercepat proses reaksi tertentu – dalam hal ini adalah penguraian daging. Berbagai buah-buahan mengandung enzim yang bisa dimanfaatkan untuk membantu proses melunakkan daging. Buah yang asam seperti lemon atau buttermilk juga akan meningkatkan keempukan daging Anda.
Buah yang paling umum digunakan untuk proses ini adalah buah nanas, kiwi, dan buah pepaya. Dari semua jenis buah ini, buah Kiwilah yang memiliki rasa yang paling netral – artinya tidak akan mempengaruhi rasa bumbu sedikitpun. Yang perlu diwaspadai adalah buah nanas, karena buah ini engandung enzim yang disebut bromelain, yang bisa membuat daging menjadi bubur jika Anda meninggalkannya terlalu lama. Caranya :

  1. Buatlah 1 atau 2 sendok bubur dari jenis buah yang Anda sukai, semakin halus semakin baik membantu perendaman. Anda juga bisa membuat bumbu sederhana dari minyak dan lemon jika Anda lebih suka dengan buah kiwi. Semua bahan-bahan ini akan membantu untuk memecah serat otot daging.
  2. Tempatkan daging kedalam panci, atau mangkuk yang bisa ditutup. Tambahkan bumbu yang sudah Anda buat  ke daging dan tutup atau segel untuk menjaga daging. Biarkan daging berada dalam rendaman bumbu buah setidaknya satu hari – lebih akan lebih baik.
Coba Juga :   Resep Daging sapi bumbu kecap

Pilihan melunakkan daging sapi yang lain adalah dengan menggunakan bumbu. Merendam berbagai macam jenis potongan daging sapi kedalam bumbu adalah metode yang baik untuk menambahkan rasa serta untuk membantu melunakkan daging.
Bumbu yang tepat harus mencakup bahan asam seperti cuka atau anggur, minyak seperti minyak zaitun, dan bumbu seperti rempah-rempah. Jus buah jeruk juga dapat digunakan bersama cuka atau anggur untuk memberikan asam yang dibutuhkan untuk melunakkan jaringan daging.

Ada beberapa poin penting untuk diingat jika menggunakan bumbu :

  1. Bumbunya harus benar-benar menutupi daging supaya efektif.
  2. Bila jenis potongan daging sapi yang empuk, waktu perendaman bisa 2 jam karena bumbu yang digunakan pada dasarnya untuk membumbui daging. Daging sapi yang kenyal harus direndam dalam bumbu selama beberapa jam atau hingga semalam supaya bisa lunak dan bumbu meresap.

Metode Pendinginan – menggunakan lemari es :

Bahan Rendaman mengandung bahan asam, sehingga wadah reaktif seperti mangkuk logam tidak boleh digunakan. Cara terbaik adalah dengan menggunakan wadah seperti kaca atau plastik mangkuk, atau kantong plastik yang bisa disegel.
Bumbunya tidak boleh digunakan kembali untuk tujuan yang lain, karena mungkin terdapat bakteri yang berasal dari daging mentah.

Metode Menggosok bumbu

Pilihan tambahan untuk melunakkan daging sapi sekaligu untuk menambahkan rasa adalah dengan cara menggosok dengan bumbu. Campuran yang digunakan adalah bumbu dan rempah-rempah kering yang kemudian diratakan pada daging sapi mentah dan dibiarkan untuk beberapa waktu supaya meresap – biasanya dibiarkan semalam di lemari es. Macam-macam penggosok bisa dibuat, tergantung pada jenis masakan dan rasa yang diinginkan.

Bahan: Beberapa bahan yang bisa di digunakan untuk gosok kering mencakup lada hitam, jinten, cabai bubuk, cabai merah digerus, biji seledri, bawang putih bubuk, atau bawang putih cincang segar atau dihancurkan, garam, dan gula merah.
Sedikit cairan bisa ditambahkan kedalam  campuran untuk membuatnya seperti  pasta kering, yang mungkin lebih disukai dalam beberapa kasus. Beberapa cairan yang sering digunakan adalah cuka, cuka sari, anggur, atau jus buah.
Caranya ; Gosokkan campuran ke daging, tetapi kelembaban daging bisa menyebabkan bahan kering menempel ke tangan Anda. Hasil terbaik sering diperoleh ketika bahan-bahan ditaburkan secara merata di semua sisi daging.

Gunakan sedikit gula karena akan meleleh dan terbakar selama proses memasak, terutama jika daging sapi akan dipanggang atau kukus. Terlalu banyak gula yang dibakar akan memberikan hasil yang tidak enak. Hanya sedikit saja gula yang diperlukan untuk memberikan rasa yang pas.

Menggosok kering dan pasta akan membentuk kerak beraroma pada saat daging dimasak. Metode ini paling sering digunakan untuk bagian rusuk sapi yang akan panggang atau bakar, tetapi bisa juga digunakan pada  hampir semua jenis potongan daging sapi.

Metode Barding

Barding adalah cara yang dilakukan dengan membungkus/melapisi daging dengan lemak daging sapi itu sendiri kemdian dipanggang. Lemak akan mencair selama proses pemanggangan, sehingga yang menambahkan kelembaban dan rasa daging dan berfungsi sebagai pelunak alami. Sisa lemak yang tertinggal bisa dihilangkan setelah daging dimasak.
Jika Anda ingin memanggang daripada merebus potongan daging yang yang keras, maka metode barding mungkin bermanfaat. Potongan daging sapi yang keras adalah berasal dari otot yang digunakan terus bergerak.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *