Resep Wedang Ronde isi Kacang

Resep wedang ronde

Wedang Ronde adalah minuman tradisional yang disajikan ketika panas, dan diyakini berkhasiat untuk menghangatkan tubuh dan mengusir masuk angin. Wedang Ronde berasal dari dua kata yaitu “wedang” dan “ronde”, wedang dalam bahasa jawa artinya minuman, sedangkan ronde saya tak tahu pasti, yang jelas ronde adalah sebutan istilah untuk menyebut nama salah satu isi yang ditambahkan yang terbuat dari tepung beras ketan dan gula merah yang didalamnya berisi kacang tanah yang dihancurkan. Dalam hal ini, wedang ronde adalah minuman hangat yang terdiri dari cairan rebusan jahe dengan isi kacang dan ronde, juga biasanya ditambahkan roti iris bentuk dadu, kolang-kaling, dan kacang tanah. Karena menggunakan jahe, maka wedang ronde tentu baik bagi kesehatan terutama untuk meredakan gejala masuk angin dan menghangatkan tubuh saat malam hari yang dingin. Apakah Anda ingin membuatnya sendiri dirumah?, ya mudah kok caranya ;

Advertisement

Resep minuman tradisional jawa – wedang ronde isi kacang yang hangat dan berkhasiat

Untuk membuat minuman tradisional ini, kita harus mempersiapkan tiga bahan pendukung yaitu Ronde, Isi, dan air wedang jahe. Baca juga : Kasiat Jahe

Bahan Ronde:

  1. 130 gr tepung ketan putih
  2. 1 sdt garam
  3. 120 ml air hangat
  4. 1 tetes pewarna makanan berwarna hijau tua dan merah, dicampur.

Bahan Isi:

  1. 50 gr kacang tanah sudah di kupas, dan disangrai
  2. 20 gr gula pasir
  3. 1/5 sdt garam

Air wedang Jahe :

  1. 2 liter air
  2. 350 gr gula pasir
  3. 350 gr jahe, sudah dibakar dan dimemarkan
  4. 1 sdt garam
  5. 3 lbr daun pandan
  6. 6 btg serer, dimemarkan
Coba Juga :   Resep Minuman hangat dari Jahe

Bahan tambahan :

  1. 150 gr kolang-kaling, rebus, dan diiris jadi 2 – 3
  2. 4 lembar roti tawar, potong-potong kotak
  3. 20 gr sagu mutiara warna merah

Cara membuat :

Membuat Isi :

  1. Kacang tanah yang masih hangat diblender bersama dengan gula pasir dan garam hingga rata. Kemudian bentuk menjadi bulatan kecil-kecil.
  2. Sisihkan.

Membuat Ronde :

  1. Campurkan tepung ketan dan garam, lalu diaduk hingga rata. Tambahkan sedikit demi sedikit air hangat sambil diuleni sampai menjadi adonan kalis.
  2. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Adonan yang satu bagian diberi pewarna merah, satu bagian lagi di tambahkan pewarna hijau, dan adonan sisanya di biarkan saja. Kemudian masing-masing adonan diaduk sampai rata.
  3. Ambil sedikit demi sedikit adonan ronde, bentuk menjadi bulat pipih dan berikan bahan isi. Setelah itu bentuklah menjadi bulat. Lakukan langkah ini sampai adonan habis semuanya.
  4. Panaskan air hingga mendidih, kemudian masukkan seluruh bulatan-bulatan tepung ketan tadi dan berikutnya rebus sapmpai  mengapung. Angkat bulatan tadi dan tiriskan.

Wedang jahe

  1. Rebus air bersama dengan semua bahan wedang jahe, yaitu jahe, gula pasir, daun pandan, dan sereh dengan api kecil sampai mendidih dan mengeluarkan aroma harum.

Sekarang wedang ronde Anda sudah siap dinikmati. Sajikan wedang ronde bersama dengan minuman air jahe beserta semua bahan pelengkap yang ada.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *