Resep Takoyaki Rumahan yang Simple namun Enak

resep takoyaki

Takoyaki merupakan jajanan Khas Jepang, yang disana tuh biasa dijual dipinggir jalan. Pengen tahu resep masak takoyaki yang enak namun simpel ibu-ibu?… Jajanan ini umumnya memiliki bentuk  bulatan atau bola-bola kecil yang memiliki diameter sekitar 3 hingga 5 cm yang secara umum dibuat dari adonan tepung terigu, aslinya dalemannya diisi dengan potongan gurita. Ada beberapa jenis takoyaki yaitu : Takoyaki polos tanpa saus, dengan saus, dan kecap asin. Perlu diketahui bahwa takoyaki dalam bahasa Jepang artinya mungkin Gurita bakar(tako-gurita; yaki=bakar), tapi adaptasinya hingga sampai kemari sudah bermacam-macam model takoyaki yang ada, yang tak harus lagi berisi daging gurita, dan kreasi tambahan termasuk dengan menambahkan keju, juga  boleh-boleh saja. Lihat juga : Resep Masak Sukiyaki

Advertisement

Resep Masak Takoyaki Simpel dan Enak ala Rumahan

Bahan-bahan

  1. Tepung terigu 150 gram
  2. Telur 1 butir
  3. Kecap asin 1 sendok makan
  4. Penyedap rasa secukupnya
  5. Garam secukupnya
  6. Air 450 mili
  7. Iris tipis-tipis, 2 helai daun bawang
  8. Iris tipis-tipis sosis, anda juga bisa menggantinya dengan daging ayam suwir; (kalau selera diisi dengan potongan-potongan gurita silahkan saja)

Saus dan toping:

  1. Saos sambal
  2. Saos tomat
  3. Mayonaise
  4. Keju parut
  5. Irisan daun bawang
Coba Juga :   Membuat perkedel kentang Enak sederhana

Cara Membuat

  1. Campurkan bahan-bahan, yaitu tepung terigu, telur, garam, kecap asin; sambil masukan airnya sedikit-sedikit, aduk dengan mixer sampai tidak ada gumpalan.
  2. Cetakan takoyaki dipanaskan dulu, diatas api kecil masukan adonan kemudian tambahkan irisan sosis iris dan daun bawang diatasnya, dan  setelah setengah matang diputar hingga membentuk bulatan. Kalau tidak bisa membentuk bulatan, cobalah dimatangkan dulu , lalu masukkan adonan lagi di lubang cetakan disebelahnya tanpa diberi apa-apa; lalu angkat takoyaki yang di beri isi sosis, kemudian letakkan diatas takoyaki yang tidak diberi apa-apa.
  3. Masak takoyaki diatas cetakan dengan cara diguling-gulingkan atau diputar-putar sampai  berwarna kecoklatan
  4. Angkat dan letakkan takoyaki kedalam wadah, tambahkan saos tomat, saos sambal, mayonaise, daun bawang iris,  dan keju parut
  5. Takoyaki siap disajikan

Demikian resep takoyaki rumahan simpel yang bisa Anda buat sendiri dirumah dengan mudah. Catatan : Kalau tidak memiliki cetakan khusus akoyaki, bisa menggantinya dengan cetakan kue cubit.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *