Resep Risoles isi Ragout Ayam

Resep risoles ragout ayam

Yang namanya risoles tuh sudah menjadi makanan yang banyak digemari, dan sudah sering kita jumpai di lapak penjual kue basah. Risoles sudah dibuat semenjak abad ke-13, yang konon katanya asal muasalnya dari Perancis dengan nama asli roinsolles. Berbicara mengenai risoles, di Indonesia saat ini telah dikenal dengan 2 jenis risoles, yaitu risoles yang berisi campuran sayur dan daging tumis, dan risoles berisi ragout yang berbentuk persegi empat atau segitiga. Dan mengenai bahan pembungkus, keduanya sama yaitu yang dibuat dari dadar; risoles digoreng setelah dicelupkan kedalam tepung panir dan kocokan telur ayam.

Advertisement

Nah, kalau kita mau membuat sendiri, kita  bisa menggunakan isi ayam dan kita sebut sebagai risoles ragour ayam. Tertarik untuk mencoba?… Baca juga : Membuat Risoles Roti Tawar isi Daging sapi

Berikut resep mudah membuat risoles ragout ayam yang lezat dan penuh selera

Bahan Kulit:

  1. 100 gram tepung terigu
  2. 300 ml susu cair
  3. 1 butir telur, dikocok lepas
  4. 1 sdm margarin, dilelehkan
  5. 1/4 sdt garam
  6. minyak untuk menggoreng secukupnya

Bahan Isi:

  1. 100 gram daging ayam. Direbus, lalu disuwir-suwir
  2. 1/2 iris bawang bombay, dicincang halus
  3. 2 sdm tepung terigu protein sedang
  4. 300 ml kaldu ayam
  5. 3 buah wortel, potong kotak kecil-kecil, direbus
  6. 1/2 sdm seledri, dicincang halus
  7. 1/4 sdt  merica bubuk
  8. 1/4 sdt pala bubuk
  9. 1 sdt garam
  10. 1/2 sdt gula pasir
  11. 2 sdm margarin untuk menumis

Bahan Pencelup:

  1. 2 butir telur,  kocok lepas
Coba Juga :   Membuat Kolak Biji Salak

Bahan Pelapis:

  1. 100 gr tepung panir putih kasar

Cara membuat :

Membuat kulit

  1. Campurkan susu  dan telur, kocok lepas sampai rata. Kemudian tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam wadah yang sudah berisi dengan campuran tepung terigu dan garam sambil diaduk rata.
  2. Tambahkan margarin yang sudah dilelehkan, aduk rata. Sekarang buatlah menjadi dadar yang tipis di dalam wajan anti-lengket yang berdiameter 12 cm. Panaskan sampai matang

Membuat Isi

  1. Panaskan margarin, kemudian masukkan bawang bombay lalu tumis sampai mengelurkan bau harum. Tambahkan tepung terigu, lalu aduk sampai menggumpal.
  2. Tuangkan kaldunya sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai licin. Kemudian masukkan ayam, wortel, garam, merica bubuk, pala bubuk, dan gula pasir, lalu aduk sampai rata. Tambahkan seledri seledri, aduk kembali sampai rata.

Penyelesaian

  1. Ambil selembar kulit, masukkan isinya, kemudian lipat pada sisi kiri dan kanannya. Lalu di gulung untuk membentuk risoles.
  2. Gulingkan di atas tepung panir, menyusul celupkan ke dalam telur kocok, lalu gulingkan sekali lagi di atas tepung panir.
  3. Panaskan minyak, kemudia setelah panas goreng risoles di atas api sedang sampai berwarna kekuningan atau sudah matang.

Demikian resep membuat risoles ragout ayam yang tentu saja enak. Dalam resep  diatas Anda bisa menghasilkan sekitar 20 buah risoles. Dimakan dengan saus sambal, saus kacang, atau cabe rawit, hmm tentu semakin enak!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *