Resep Membuat Tahu Bulat yang Gurih

resep membuat tahu bulat

Resep untuk membuat tahu bulat yang gurih dan sedap ini sebenarnya sangat sederhana karena kita tidak membutuhkan banyak bahan dan bumbu. Cukup menggunakan bahan utama yaitu tahu , telur, garam dan minyak untuk menggoreng. Secara dasarnya rasa tahu yang sudah gurih, hanya diberi sedikit penyedap akan menjadi semakin nikmat. Kalau Bunda sudah bisa bikin tahu bulat sendiri, saya jamin hari berikutnya anak Bunda nggak akan lagi minta dibelikan di penjual yang bawa mobil pickup itu :). Baca juga : Resep NUGET TAHU yang Enak dan Gurih

Advertisement

Resep praktis membuat tahu bulat gurih dan nikmat

@Resep I tanpa telur

Bahan dan bumbu:

  1. 2 tahu putih besar
  2. 2 siung bawang putih, haluskan
  3. 1 sdt baking powder
  4. 1/2 sdt lada
  5. Garam secukupnya
  6. Minyak untuk menggoreng
  7. Bubuk cabe sesuai selera
  8. Bubuk asin atau manis secukupnya

Cara Membuat :

  1. Tahu dihancurkan dahulu sampai halus, bisa diulek. Setelah itu bungkus dengan kain yang bersih, lalu peras sampai airnya kering dan tahu menjadi seperti ampas. Hasilnya akan semakin bagus jika tahu semakin kering, yaitu tahu akan  semakin kosong.
  2. Setelah itu tauh di masukkan ke dalam baskom, lalu tambahkan garam, merica bubuk, bawang putih halus, dan baking powder. Aduk-aduk sampai bumbu merata.
  3. Ambil adonan dengan menggunakan sendok kecil sebagai takarannya, dan bentuk adonan tahu menjadi bulatan-bulatan sampai adonan habis.
  4. Masukkan bulatan-bulatan tahu yang masih mentah tersebut ke dalam wadah yang tertutup, misalnya bisa menggunakan tuperware. Simpan kedalam lemari es selama  3 atau 4 jam, tujuannya supaya tahu bulat menjadi dingin dan baking powder bisa bereaksi saat digoreng dan hasilnya bagus.
  5. Saatnya Menggoreng. Gunakan minyak goreng yang banyak pada wajan, dan panaskan terlebih dahulu sampai cukup panas. Kemudian goreng tahu bulat dengan api kecil hingga tahu bulat mengembang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  6. Sajikan Tahu bulat ketika hangat
Coba Juga :   Resep Sop tahu Ikan istimewa

@Resep II dengan telur

Bahan dan bumbu

  1. 2 buah tahu berukuran besar
  2. 1 butir kuning telur
  3. 1/2 sdt baking powder
  4. Garam secukupnya
  5. Kaldu ayam bubuk secukupnya
  6. Minyak untuk menggoreng

Cara membuat

  1. Hancurkan tahu, peras menggunakan kain sampai tinggal ampasnya seperti cara pertama.
  2. Tambahkan baking powder,  kaldu ayam bubuk ,dan garam. Aduk hingga rata
  3. Gunaka sendok teh untuk mengambil adonan, dan bentuk menjadi bulat-bulat. Masukkan wadah tertutup dan simpan kedalam kulkas selama 3 atau 4 jam.
  4. Tahu bulat siap digoreng, panaskan minyak goreng yang banyak pada wajan. Lalu setelah minyak panas goreng menggunakan api kecil.
  5. Nikmati selagi tahu bulat masih hangat

Nah demikian tadi bunda resep praktis untuk membuat tahu bulat yang gurih, mengembang dan lembut. Semoga Bunda besert keluarga menyukainya!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *