Resep Kue Lapis Kukus dengan Tepung Beras

resep kue lapis kukus tepung beras

Kue Lapis adalah salah satu kue yang banyak digemari, termasuk saya sendiri. Rasanya kue lapis kukus yang kenyil dan legit selalu menggoda ingatan disaat sedang bersantai diberanda rumah sambil ditemani secangkir wedang uwuh. Ada berbagai varian kue lapis, yang tentu saja melihat dari bahan yang digunakan, yaitu ada kue lapis yang dibuat dari tepung sagu, tepung beras, atau gabungan diantara keduanya. Namun yang jelas bagi saya semuanya menarik, dan  kalau Bunda ingin mencoba yang satu ini silahkan dicatat ya?…. Taraaaaa…

Advertisement

Resep Kue Lapis dengan Tepung Beras yang kenyil dan legit!

Bahan :

  1. 200 gram tepung beras
  2. 100 gram kanji
  3. 200 gram gula pasir
  4. 750 mili   santan
  5. 1/2 sdt garam
  6. Pasta pandan dan moka sebagai perasa
  7. 2 sachet Krimer vanila
  8. Secukupnya pewarna hijau tua dan coklat

Cara Membuat :

  1. Dengan panci rebus air santan, gula dan garam. Aduk-aduk sampai masak
  2. Masukkan tepung beras dan tepung kanji kedalam wadah, campurkan dengan baik.
  3. Tambahkan air santan dan gula yang sudah masak sedikit demi sedikit kedalam campuran tepung. Aduk rata sampai tidak ada lagi gelembung atau tepung yang menggumpal.
  4. Bagi menjadi 3 bagian adonannya, yaitu masing-masing berikan warna putih, hijau, dan coklat; dan berikan perasanya cokelat dan moka. Untuk warna putih tambahkan krimer vanila.
  5. Siapkan loyang dan dandang untuk mengukusnya, panaskan.
  6. Setelah panas, masukkan adonannya selapis demi selapis. Caranya ;  untuk lapisan pertama Bunda bisa pilih warna putih dulu lalu kukus, setelah itu warna coklat dan kukus lagi, lalu menyusul warna hijau dan kukus lagi. Begitulah, lakukan terus sampai adonannya habis. Catatan : Olesi loyang dengan minyak, atau bisa juga dilapisi dengan kertas roti.
  7. Jika sudah selesai tentunya kue lapis kukus ini harus didinginkan terlebih dahulu minimal selama 3jam, supaya bisa dipotong-potong.
Coba Juga :   Membuat Donat Kentang

Demikian resep kue lapis tepung beras kukus yang legit, dan kenyil sudah siap di hidangkan untuk keluarga Bunda dirumah….. Bunda juga bisa mencoba mengaplikasikan kue lapis buatan sendiri ini ketika ada acara selamatan atau jamuan yang lainnya..

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *