Resep BATAGOR, atau Bakso Tahu Goreng Bandung

Resep Batagor asli bandung

Siapa sih yang tak kenal batagor?… Nah berikut saya akan bagikan resep membuat batagor yang paling mudah, praktis, simpel, dan terjangkau tentunya. Jajanan khas Kota Bandung ini sudah terkenal dimana-mana. Batagor adalah singkatan dari bakso Tahu Goreng, dan sesuai dengan namanya, jajanan ini dibuat dari tahu yang digoreng; namun bukan hanya itu saja sebab isinya bisa divariasikan macam-macam, dan yang paling umum adalah isi ikan tengiri giling dengan bahan tambahan termasuk tepung tapioka. Pada umumnya juga, batagor disajikan bersama dengan siomay, plus bumbu atau saus yang terdiri dari bumbu kacang, saus tomat/sambal,  kecap manis, dan jeruk nipis.

Advertisement

Resep Batagor – Bakso tahu Goreng

  1. Daging Ikan tengiri 100 gr
  2. Daging ayam 100 gr
  3. Tahu putih 1 buah, dibagi menjadi beberapa potongan-potongan
  4. Tepung sagu tani
  5. Telur 1 butir
  6. Daun bawang 2 batang, rajang
  7. Kulit pangsit secukupnya, kira-kira 20 lbr
  8. Bawang putih 3 siung, cincang/haluskan
  9. Merica secukupnya
  10. Garam 1/4 sdt
  11. Gula pasir 1 sdt
  12. Bumbu masak kaldu secukupnya
  13. Air secukupnya
  14. Minyak untuk menggoreng, secukupnya
Coba Juga :   Cwie Mie Malang

Cara Membuat :

  1. Blender/giling/cincang daging ayam dan tengiri yang sudah dibersihkan
    Dalam wadah, masukkan telur dan kocok. Kemudian tambahkan tepung sagu, daging giling, daun bawang  yang sudah diiris, bumbu kaldu, bawang yang sudah dihaluskan, garam, gula, merica, dan air secukupnya (jangan terlalu lembek). Aduk hingga rata untuk membuat adonan.
  2. Isi kulit pangsit dengan sesendok adonan, rekatkan dengan air sisinya.  Masukan juga adonan kedalam tahu putih yang sebelumnya dibelah diagonal. Lakukan sampai adonan habis.
  3. Goreng batagor pangsit dan tahu yang sebagian, lalu yang sebagian lagi bisa dikukus, jika mau juga boleh ditambahkan telur dan kentang.
  4. Jika sudah matang, batagor siap disantap. Sajikan dengan saus kacang, kecap manis, saus tomat atau saus sambal , plus di tambah dengan perasan jeruk nipis.

Demikian Resep Batagor Asli Bandung yang enak, dan super lezat. Jajanan Khas Kota Kembang, yang bisa anda bikin sendiri dirumah. Selamat Mencoba!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *