Resep dan Cara mudah Membuat Apem Panggang yang Mengembang

resep apem panggang enak

Untuk tradisi selamatan tertentu dibeberapa daerah, kue apem biasanya dianggap sebagai makanan yang wajib disediakan. Jadi kalau jaman dulu sih sepertinya semua Ibu-ibu bisa membuat kue apem rumahan yang mengembang, empuk dan enak, karena mereka merasa diharuskan oleh tradisi didaerahnya. Lalu bagaimana dengan ibu-ibu muda jaman sekarang?… kalau didaerah saya sih hanya sedikit yang bisa membuat kue apem yang enak, mungkin karena mereka sudah terbiasa cari enak dengan jalan pintas memesan pada pengusaha kue basah atau pada tetangga yang bisa šŸ˜€ . Baiklah sekian saja basa-basinya, jika Anda merasa ingin sekali dapat membuat kue apem, perhatikan resepnya berikut :

Advertisement

Resep cara Membuat Kue Apem panggang sederhana yang mengembang, empuk dan Enak

Bahan :

  1. 1000 gram tepung beras berkualitas
  2. 250 gram kilo tepung terigu yang bagus
  3. 1000 gram gula pasir
  4. 1000 mililiter santan yang dibuat dari1 butir kelapa yang dibersihkan kulit arinya sebelum diparut
  5. 1 bungkus pengembang/fermipan
  6. 200 gram tape singkong yang empuk, buang sumbunya
  7. vanili secukupnya
  8. Garam secukupnya
  9. Margarin untuk oles secukupnya

Cara membuat :

  1. Kedalam wadah masukkan bahan yaitu tape dan gula pasir, serta vanili. Aduk sampai menjadi adonan atau sampai tercampur rata.
  2. Masukkan tepungĀ  terigu dan tepung beras, serta tambahkan fermipan. Uleni adonan apem, tambahkan sedikit air santan supaya adonan tidak menggumpal. Jika adonan sudah tercampur dengan baik dan sempurna alias tidak menggumpal,Ā  selanjutnya tuangkan sisa santan yang ada.
  3. Supaya apem bisa mengembang bagus dan empuk, diamkan dulu selama sekitar 2 jam atau sampai adonan mengembang sebelum dipanggang.
  4. Siapkan cetakan atau panggangan apem yang bagus atau yang berbahan anti lengket, panaskan dengan api kecil.
  5. Setelah cetakan panas, olesi cetakan dg sedikit mentega (agar tidak lengket dan hancur saat diangkat) lalu masukkan adonan dan panggang sampai matang .
Coba Juga :   Membuat Kue Pukis yang empuk

Sekian saja rsep sederhana membuat apem panggang yang mudah, mengembang, enakĀ  dan empuk. Semoga Ibu-ibu semua berhasil membuatnya dengan hasil yang memuaskan.

Tips: Supaya apem terlihat lebih cantik dan berenda dipinggirnya, tekanĀ  dengan sendok sayur. nda juga bisa menambahkan toping sesuai selera, misalnya cokelat, meses, keju, pisang, nangka, dll.

Sumber Gambar : facebook

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *