Pasta dan Saus

cara masak pasta

Pasta merupakan produk bahan masakan khas Italia, dan memerlukan sedikit pengetahuan memasak pasta yang benar agar hidangan ini bisa sempurna dihidangkan. Pada umumnya, ketidaktahuan mengenai cara masak pasta bisa mendapatkan hasil yang kurang diharapkan, yaitu pasta yang overcook atau matang. Supaya Anda bisa memperoleh hasil yang diinginkan, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan :

Advertisement

Tips dan cara memasak pasta yang benar – resep saus pasta enak

  • Pada saat air sudah mendidih, kecilkan apinya. Setelah itu masukkan pasta dengan saringan, supaya cepat meniriskan pasta ketika sudah matang. Hal ini untuk mencegah supaya pasta tidak overcooked yang menyebabkan pasta hancur, lembek, atau patah-patah.
  • Jangan menutup panci rapat-rapat saat Anda merebus pasta, supaya air tidak meluber kemana-mana. Solusinya, ganjal tutup panci dengan sutil atau sendok kayu untuk menahan agar sedikit terbuka.
  • Jangan menaruh pasta yang sudah ditiriskan begitu saja kedalam mangkok yang dingin, karena akan membuat pasta lengket. jadi, panaskan dulu mangkoknya dengan air panas, sehingga suhunya hangat sebelum menaruh pasta kedalamnya.
  • Jangan merebus dua jenis pasta yang berbeda sekaligus, karena berbeda pasta, berbeda pula titik matangnya.
  • Jangan menyiram pasta yang habis dimasak dengan air dingin, karena bisa menyebabkan menggumpal
  • Campur pasta segera dengan saus yang masih hangat untuk menjaga supaya pasta tidak ikut dingin. Jadi, memasak pasta dan saus harus bersamaan supaya suhu mereka sama saat dicampur.
  • Pasta yang sudah diberi saus dan topping harus segera disajikan ketika masih hangat

Tips masak pasta :

  • Pergunakan perbandingan air dan pasta saat akan direbus, yaitu sekitar 4 liter air untuk 1/2 kg pasta. Memang butuh air yang banyak agar pasta bisa cukup matang, sebab jika kurang pasta cenderung menggumpal .
  • Pada saat air mulai mendidih, segera tambahkan 2 sendok teh garam untuk menambah rasanya. Setelah itu masukkan pastanya pada saat air sudah mendidih, masak pasta dengan cara sambil diaduk-aduk beberapa kali – jangan terus-terusan. Jangan ditutup rapat dengan mengganjal, atau sekalian tidak ditutup dan biarkan.  Mengaduk bertujuan untuk mencegah pasta lengket satu sama lain.
Coba Juga :   Resep Membuat Bubur Sumsum Manis dan Gurih

Cara membuat saus pasta enak sederhana

Bahan/bumbu saus :

  1. 30 gr keju cheddar
  2. 3 siung bawang Putih
  3. 1/2 bawang bombay, iris-iris
  4. 300 ml saus tomat
  5. 3 sdm Saus Sambal
  6. 1/2 sdt Garam
  7. 1 sdt Lada
  8. MSG secukupnya
  9. 3 sdm minyak goreng
  10. Air putih secukupnya

Pelengkap :

  1. Telur Ayam 2 butir, direbus
  2. 100gr Daging Sapi, iris -iris sesuai selera, rebus, goreng matang

Cara membuat saus:

  • Panaskan minyak goreng, masukkan bawang bombay tumis sampai harum, lalu masukkan bawang putih, tumis berubah warna menjadi kecoklatan.
  • Masukkan saus tomat dan saus sambal, aduk-aduk hingga tercampur rata. Masukkan garam, merica, dan MSG, lanjutkan mengaduk. Jika dirasa masih terlalu kental, tambahkan sedikit air matang. Tambahkan daging sapi, aduk hingga rata betul.

Cara menghidangkan :

Hidangkan pasta yaitu, 1 piring pasta dituangkan 7 – 8 sendok makan sausnya, taburi keju yang diparut sesuai selera. Taruh sepotong telur rebus, atau potong sesuai selera pada pinggir pasta. Aduk pasta yang sudah diberi saus dan keju hingga rata, telur boleh ikut diaduk boleh tidak, sesuai selera.

Demikian beberapa tips memasak pasta yang baik dan resep sausnya untuk menghasilkan hidangan yang enak dan sempurna

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *