Inilah Manfaat hebat Jahe bagi Kesehatan

manfaat jahe untuk kesehatan

Jahe merupakan salah satu dari bumbu ungkul yang tak pernah terpisahkan, umum ditambahkan untuk masakan terutama masakan unggas seperti Ayam bumbu kecap, Masakan daging , dll – terutama masakan Asia. Beberapa negara lain memanfaatkan jahe sebagai salah satu bumbu masakan adalah untuk mendapatkan manfaat kesegaran, kehangatan, dan rasa pedasnya pada masakan. Secara alami, jahe memiliki sifat afinitas yang baik untuk daging dan unggas sehingga akan menambah aroma lezat. Apakah Anda pernah memanfaatkan jahe untuk membuat minuman hangat?… Hmmm.. selain membuat tubuh kita hangat, jahe segar yang kita konsumsi ternyata ada manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Advertisement

Kandungan nutrisi Jahe :

Jahe sedikit mengandung kalori, termasuk dari lemak, dan karbohidrat. Namun jahe mengandung asam lemak sehat yaitu Omega 3 dan omega 6. Jahe mengandung sedikit vitamin A,C, Kolin, dan asam folat. Untuk mineral, jahe cukup banyak menyediakan kalium, dan sedikit kalsium, fosfor, dan magnesium.

Inilah manfaat kesehatan jahe untuk kesehatan, selain bumbu masak utama masakan Asia

Jahe bisa menambah nafsu makan.

Makan atau minum teh jahe segar sebelum makan siang apabila masih belum merasa lapar, tujuannya  untuk menjalankan cairan pencernaan sehingga nafsu makan Anda bergairah lagi. Jika dipakai untuk bumbu masak tentu juga bagus untuk tujuan ini.

Membuat segar dan awet muda

Terkadang orang masih merasa kurang nutrisi padahal sudah merasa makan 4 sehat 5 sempurna. Jahe bermanfaat meningkatkan penyerapan dan asimilasi nutrisi penting dalam tubuh, sehingga nutrisi dari makanan tang Anda cerna bisa maksimal diserap oleh tubuh.Jika tubuh Anda bisa maksimal menyerap nutrisi, maka efek bagus yang lain bagi tubuh adalah selalu segar dan bisa membuat Anda awet muda.

Coba Juga :   Kandungan Nutrisi Tempe

Membersihkan saluran dalam tubuh

Jahe juga bermanfaat membersihkan saluran kecil dalam tubuh, termasuk saluran sinus yang cenderung kambuh.Nah, jika Anda menderita sinus, jahe bisa mengurangi gejalanya.

Menghilangkan rasa mual

Anda merasa mual, maka jahe bisa membantu Anda. Kunyah jahe segar, namun sebaiknya ditambah dengan sedikit madu.

Obat alami yang manjur untuk kembung

Perut kembung karena gas atau masuk angin secara efektif bisa dibantu oleh jahe. Minum teh jahe segar dengan air hangat untuk meredakannya. Jahe sangat membantu untuk mengurangi perut kembung.

Mengatasi kram dan nyeri sendi

Mengalami nyeri sendi, atau mengalami kram otot?, maka ambil jahe untuk meredakannya. Jahe memiliki zat bersifat anti-inflamasi, sehingga bisa membantu menanggulangi rasa nyeri sendi akibat peradangan. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial jahe di bak mandi Anda untuk membantu mengurangi rasa sakit otot dan persendian.

Mengatasi rasa mual pascaoperasi

Baru saja menjalani operasi? Mengunyah jahe pasca operasi bisa membantu mengatasi efek rasa mual. ​​

Obat gejala pilek alami

Bila Anda mengalami gejala pilek, tumbuk beberapa ruas jahe dan tambahkan kedalam air hangat untuk membuang gejala pilek seperti radang tenggorokan dan hidung tersumbat. Dan ketika udara dingin, jahe bermanfaat menghangatkan tubuh Anda.

Memudahkan tidur

Jahe juga bisa membantu mengatasi masalah sulit tidur karena mengandung zat yang bersifat afrodisiak. Pengobatan alternatif aryuvedic menyarankan jahe untuk membantu tidur Anda supaya lebih mudah.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *