Membuat Lontong Daun Pisang

Cara membuat lontong daun pisang

Lontong adalah makanan yang tidak pernah ketinggalan pada saat hari lebaran, yang biasanya disajikan bersama Ayam Kentang Masak Santan, maupun opor ayam. Rasanya yang lembut dan dingin ketika dikunyah, memberikan sensasi rasa masakan tersendiri bagi penggemarnya. Membuat lontong umumnya adalah dengan menggunakan pembungkus daun pisang, namun cara tradisional ini cukup sulit dan membutuhkan pengalaman, karena seluruh langkah cara membuatnya harus pas. Jika tidak, maka lontong bungkus daun yang kita buat bisa tidak jadi, atau lembek dan mudah basi. Anda juga bisa membuat lontong dengan bungkus plastik , namun rasanya mungkin tak seindah yang menggunakan daun pisang. Tapi jangan khawatir, karena resep berikut dilengkapi trik yang akan menuntun Anda supaya bisa membuahkan hasil yang sempurna.

Advertisement

Cara membuat lontong daun pisang yang baik

Bahan :

  1. Daun pisang kepok atau klutuk yang cukupan, atau tidak terlalu tua atau muda. Kemudian jemur daun pisang atau di panaskan diatas api supaya agak layu, lap bersih, lalu potong-potong sesuai dengan ukuran lontong yang diinginkan, standarnya yaitu sekitar 30 x 20 cm
  2. Beras yang berkualitas baik dan pulen (takaran sesuai kebutuhan), rendam dalam air dingin selama 1 jam atau lebih.
  3. Lidi untuk menyemat, bisa membuat sendiri dari kulit bambu atau lidi daun kelapa.
  4. 1 lembar daun pandan atau secukupnya atau sesuai jumlah lontong
  5. Air panas dan dingin secukupnya
Coba Juga :   Masak beras Ketan mudah dengan ricecooker

Cara membuat :

  1. Ambil dua lembar daun pisang, gulung menyerupai silinder dengan bagian bawah daun pisang berada didalam. Jika silender sudah dirasa cukup ukuran dan posisinya rata dan lurus, semat salah satu ujungnya dengan lidi. (buatlah beberapa sekaligus, sesuai kebutuhan)
  2. Isi silinder atau gulungan daun pisang yang sudah dibuat dengan beras yang sudah direndam dan tiris, dengan jumlah takaran setengah(1/2) gulungan. Semat ujung gulungan dengan lidi untuk menutupnya.
  3. Masukkan bakal lontong kedalam panci yang tinggi dengan posisi berdiri. Susun lontong di dalam panci tinggi dengan posisi berdiri. Tambahkan air dingin sampai bakal lontong terendam dengan air seluruhnya. Masukkan selembar daun pandan.
  4. Rebus dengan api sedang. Setelah 2  jam direbus, tambahkan air panas sampai lontong terendam kembali seluruhnya.
  5. Rebus lontong sampai memadat dan kenyal. Angkat lontong dan ditiriskan dengan posisi berdiri dan diangin-anginkan supaya dingin. Kalau ada gunakan wadah tiris yang terbuat dari anyaman bambu, kalau tidak bisa menggunakan wadah plastik tiruan anyaman atau berlubang-lubang.

Demikian resep cara membuat lontong daun pisang yang baik, sehingga hasilnya padat, kenyal, enak, beraroma daun pisang, dan tidak mudah basi.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Membuat Lontong Daun Pisang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *