Resep membuat Kue Sus kering

Resep membuat kue sus kering

Tahu nggak kenapa diberi nama Kue sus?.. Sebutan kue sus berasal dari bahasa Belanda yaitu Soes atau kue yang dalamnya berongga yang berisi vla, custard atau daging. Kue ini biasanya dihidangkan setelah disimpan dilemari es, jika isi vla dalamnya yang terbuat dari susu mudah basi. Namun kini tersedia banyak varian kue sus, tapi pada dasarnya kue ini adonannya dibuat dengan cara menambahkan tepung kedalam campuran air dan mentega yang dididihkan, yang kemudian telur ditambakan satu-persatu sambil diaduk untuk membuat adonan licin dan tidak lengket. Kue sus yang memiliki tekstur yang unik nan lembut ini biasanya banyak dihidangkan saat hari Lebaran, acara pengantin, dll, namun tak ada salahnya jika Anda menghadirkan kue ini kapan saja dirumah Anda. Nah, jika Anda berkeinginan untuk mencoba membuatnya sendiri, disini kami sajikan resepnya. Lihat juga resep kue yang lain : Kue Nastar Keju

Advertisement

Resep membuat Kue Sus kering nan Lezat dan gurih

Bahan :

  1. 100 gram mentega
  2. 100 gram terigu
  3. 6 butir telur
  4. 1/2 liter air
  5. 50 gram Keju cheddar parut
  6. 1/2 Baking soda
  7. 1/2 sdt garam
Coba Juga :   Membuat Pancake Tebal untuk Sarapan

Cara membuat :

  1. Sementara siapkan loyang dengan dilumuri dengan mentega dan garam.
  2. Rebus mentega, air, dan garam sampai mendidih, lalu kecilkan apinya.
  3. Masukkan tepung terigu, aduk sampai rata dan adonan terlepas dari panci. Angkat.
  4. Masukkan telur satu persatu, kemudian menyusul keju, dan baking soda sambil diaduk sampai adonan menjadi licin. Sisihkan.
  5. Masukkan adonan kue sus yang sudah siap tadi kedalam plastik segitiga dengan sudut yang sudah dipotong, kemudian semprotkan untuk membentuk kue kedalam loyang yang sudah dipersiapkan dengan mentega tadi. Berikan jarak sekitar 5 cm untuk masing-masing bagian kue.
  6. Bakar kedalam pan tertutup sampai kering dan masak, yang ditandai dengan kue yang mengembang dan ringan. Angkat dan dinginkan.
  7. Buka pinggirnya sedikit untuk diisi dengan fla, atau jika tidak juga tidak apa-apa. Tergantung selera. Simpan didalam wadah kedap udara.

Silahkan mencoba membuat kue sus kering dalam resep ini, lakukan dengan cermat supaya hasilnya memuaskan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *