Membuat Kue Pukis yang empuk

resep membuat kue pukis

Kue pukis yang enak umumnya terlihat mengembang dengan baik, dimulut terasa empuk dan lembut; nah, pasti banyak orang yang akan menyukainya. Namun bagi pemula, membuat kue pukis yang lembut dan enak bukanlah perkara mudah. Semua takaran bahan, cara mengaduk tentu sangat berpengaruh; yang mungkin perlu ditambah dengan pengalaman membuat beberapa kali. Nah bagi Kamu yang suka membuat kue dan makan kue populer yang satu ini, silahkan kalau mau mencobanya dengan memperhatikan resep dan cara membuatnya secara seksama. Sekilas memang tampak mudah dan sederhana, tapi ketelitian juga sangat dibutuhkan supaya hasilnya bisa memuaskan.

Advertisement

Resep membuat Kue Pukis yang empuk dan lembut :

BahanĀ  :

  1. 500 gram tepung terigu protein sedang
  2. 1,5 sdm ragi instan
  3. 150 ml air
  4. 6 butir telur
  5. 1/2 sdt garam
  6. 350 gr gula pasir
  7. 1,5 sdm margarin, dilelehkan
  8. 400 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa, direbus
  9. 1/2 sdt cokelat pasta
  10. 1/2 sdt vanili bubuk

Taburan :

  1. 50 gr meses cokelat

Cara membuat :

  1. Ambil sebanyak 70 gram tepung terigu, tambahkan air, dan ragi instan. Aduk adonan hingga rata kemudian diamkan sekitar 15 menit.
  2. Campurkan kedalam wadah yang lain, vanili, telur, dan gula sampai mengental. Masukkan adonan pada langkah pertama diatas, kocok secara perlahan.
  3. Tambahkan sisa tepung terigu sambil bergantian dengan santan yang telah direbus tadi sambil dikocok secara perlahan-lahan. Setelah itu tambahkan margarin yang sudah dilelehkan, dan aduk hingga rata. Diamkan sekitar 1 jam atau sampai adonan pukis mengembang dengan sempurna.
  4. Ambil sedikit adonan, campurkan dengan coklat pasta dan diaduk sampai rata. Masukkan kedalam plastik atau plastik segitiga yang pojoknya sedikit dilubangi.
  5. Panaskan cetakan pukis dengan api sedang. Tuangkan adonan putih, kemudian dilanjutkan dengan menambahkan adonan cokelat (langkah 4) tepat ditengahnya. Aduk untuk membentuk motif marmer. Lanjutkan untuk semua lubang cetakan, jika sudah selesai, tutup cetakan dan masak sampai pukis setengah matang.
  6. Buka tutup cetakan, taburkan meses diatasnya, kemudian tutup kembali sampai pukis matang.
  7. Dalam resep ini untuk membuat sekitar 55 buah pukis.
Coba Juga :   Resep dan Cara mudah Membuat Apem Panggang yang Mengembang

Demikian resep cara membuat kue pukis yang empuk dan lembut seperti yang diinginkan banyak orang.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Membuat Kue Pukis yang empuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *