Masak Beras Merah dengan Rice cooker

Cara memasak beras merah

Beras merah banyak dipercaya sebagai bahan pangan alternatif untuk diet yang baik. Hal ini karena dipercaya mengandung lebih banyak serat yang terdapat dalam bekatulnya, yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, mencegah sembelit, membantu mengendalikan gula darah, dan membuat kenyang lebih lama. Namun sayangnya beras merah memiliki tekstur yang lebih keras, sehingga membutuhkan metode memasak yang berbeda dari beras putih. Khusus dalam artikel ini, kami akan memberitahu Anda cara memasaknya menggunakan rice cooker. Jika Anda ingin memasaknya dengan cara tradisional, klik disini!

Advertisement

Cara memasak beras merah menggunakan rice cooker

  1. Cuci beras merah seperti biasanya, namun sebaiknya menggunakan air mengalir, hingga bersih dari kotoran.
  2. Masukkan beras merah ke dalam rice cooker, dengan air bersih dengan perbandingan 3 : 1. Yaitu 3 bagian air, dan 1 bagian beras merah.
  3. Diamkan dulu beras dan airĀ  tersebut tercampur di dalam rice cooker selama 30 menit sebelum dimasak, karena inilah kuncinya supaya beras merah lembut dan pulen.
  4. Setelah 30 menit, kini saatnya bagi Anda untuk menyalakan rice cooker.
  5. Biarkan beras merah hingga matang.
  6. Aduk sebelum dihidangkan.
Coba Juga :   Membuat Nasi Uduk

Tips menyimpan beras merah supaya lebih tahan lama

Salah satu kelemahan beras merah adalah muda menjadi apek, atau memiliki umur simpan yang lebih pendek jika dalam suhu ruangan. Akan tetapi jika Anda menyimpannya dengan cara yang benar, maka beras merah ini bisa bertahan lebih lama. Caranya cukup mudah, yaitu hanya menaruh beras merah kedalam wadah tertutup rapat, dan menyimpannya didalam lemari es. Anda hanya perlu mengambilnya pada saat ingin mengkonsumsinya demi diet dan kesehatan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *