Lotek Kangkung – Bandung

Lotek kangkung bandung

Jumpa lagi diupdate artikel yang kesekian kalinya di resepcaramemasak.org ini. Kali ini saya akan menyajikan resep cara memasak lotek kangkung, yaitu makanan khas daerah bandung. Kangkung pada umumnya enak dimasak tumis dan sambal goreng, atau urap-urap. Mau mencoba tantangan kangkung yang lain?, silahkan dicoba untuk membuat lotek kangkung ini. Kangkung?, kenapa sih?… kangkung, sama dengan jenis sayuran lain, ia kaya mengandung gizi. Namun khusus kangkung, ia mengandung senyawa anti racun. Racun bisa berupa apasaja dan merugikan kesehatan, seperti misalnya sisa pestisida dalam makanan, zat pengawet, atau bahan kimia lain, dan oksidan juga termasuk racun bagi tubuh. Nutrisi dalam kangkung adalah antara lain, vitamin A, C, B1, karoten,serta mineral seperti fosfor, zat besi, dan zat lain yaitu sistosterol, hentriakontan. Kangkung selain bermanfaat mengeluarkan racun dalam tubuh, juga mencegah anemia, anti penuaan dini, antiradang, peluruh kencing dan mencegah sembelit. Benar-benar tinggi ya khasiatnya?. Kalau kangkung dibuat lotek, akan semakin nikmat jika ditambah dengan rujak cuka 😀

Advertisement
Coba Juga :   Ayam Rica-Rica Enak

Berikut resep cara memasak lotek kangkung bandung

Bahan  :

  1. 1 ikat kecil kangkung, petik daunnya.
  2. 1 ( 200 g ) buah labu siam, potong seperti batang korek api.
  3. 10 lembar kacang panjang, potong 4 cm
  4. 200 gr nangka muda, potong potong.
  5. Toge jika suka, bisa ditambahkan

Bumbu kacang :

  1. 5 buah cabai merah.
  2. 4 cm kencur.
  3. 100 g kacang tanah, sangrai.
  4. 1 sdt garam.
  5. 1 sdm gula merah.
  6. 1/2 sdt terasi bakar.
  7. 2 sdm air asam jawa.
  8. 1 sdm air matang.

Cara membuat :

  1. Rebus semua sayuran secara terpisah, tiriskan, taruh dalam piring.
  2. Sambal kacang : Haluskan cabai, kencur, kacang tanah, garam, gula merah dan terasi. Tambahkan air asam jawa dan air matang, aduk rata sampai bumbu mengental.
  3. Siramkan bumbu kacang di atas sayuran rebus.
  4. Sajikan.

Nah demikian resep cara memasak lotek Kangkung khas Bandung, yang tentunya menjadi hidangan populer disana. Pengen mencoba kelezatan lotek?, hmm, apalagi ditambah dengan lontong , tahu kuning, dan kerupuk ikan,, sipp!

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *