Resep membuat Kolak Pisang yg Mudah dan Enak

resep membuat kolak pisang enak

Secara Umum, membuat kolak itu mudah. Ya, karena bahan utama yang dibutuhkan tak sulit dan mudah diingat, yakni tentu saja buah pisang, santan, dan gula merah. Namun supaya kolak pisang yang kita buat menjadi lebih lezat dan harum menggugah selera, daun pandan juga tidak boleh ketinggalan, kalau perlu bisa ditambahkan vanili. Jenis pisang yang paling cocok untuk membuat kolak adalah pisang kepok merah, karena jenis pisang ini lebih kesat dan kenyal sehingga tak mudah menjadi lembek ketika direbus nantinya. Pastikan Anda menggunakan jumlah bahan yang seimbang, serta pisang kepoknya kalau bisa tidak terlalu matang. Baca juga : Membuat Kolak Biji Salak

Advertisement

Resep Membuat Kolak Pisang yang mudah, namun lezat dan enak.

Bahan :

  1. 8 buah pisang kepok. Iris menyerong, @ menjadi 3 potong
  2. 140 gr gula jawa, iris-iris tipis
  3. 2 sdm gula pasir
  4. 1/4 sdt vanili bubuk
  5. 1 lembar daun pandan
  6. 600 ml  santan dibuat dari setengah butir kelapa
  7. 400 ml air
  8. 1/4 sdt garam
Coba Juga :   Perbedaan antara Margarin dan Mentega

Cara membuat :

  1. Siapkan panci, panaskan air sebentar lalu masukkan gula jawa dan rebus sampai menjadi larut.
  2. Masukkan daun pandan, dan pisang kepok yang sudah dipotong-potong. Rebus sampai pisang menjadi agak lunak dan gula sudah meresap.
  3. Tambahkan gula pasir, garam, vanili dan santan. Aduk-aduk hingga mendidih.
  4. Coba ditest rasanya, jika kurang manis bisa ditambah gula pasir, atau jika kurang gurih atau asin bisa ditambah garam.
  5. Siap disajikan

Tips : Kolak pisang ini bisa disajikan dingin. Caranya, dianginkan dulu diudara terbuka, setelah agak dingin simpan dilemari es. Terutama jika dibulan puasa, Anda bisa membuatnya pada pagi atau siang hari untuk dihidangkan saat berbuka. Selamat mencoba membuat kolak pisang yang harum dan lezat kesukaan keluarga saya ini.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *