Kandungan Nutrisi Wortel dan Manfaatnya

kandungan gizi wortel

Wortel adalah sayuran yang dibudidayakan dan sangat populer di seluruh dunia. Tanaman yang diambil akar tunggangnya untuk dikonsumsi sebagai sayuran ini mengandung berbagai nutrisi yang sangat berharga bagi tubuh kita. Secara umum, wortel dipanen lebih dini tanpa harus menunggu mekar, pada saat akarnya sudah mencapai diameter sekitar satu inci.
Wortel terdiri dari bermacam  warna dan bentuk tergantung pada jenis kultivar. Umumnya, dengan akar tunggang yang panjang, bagian atas mendatar lonjong, dan ujung bawah seperti ekor.

Advertisement

Kandungan nutrisi wortel dan manfaatnya bagi kesehatan :

  1. Wortel memiliki tekstur yang renyah dengan rasa yang manis, terutama kaya akan zat anti-oksidan, vitamin, dan serat. Sayuran ini rendah kalori, yaitu hanya menyediakan 41 kalori per 100 g, dan tidak mengandung lemak maupun kolesterol.
  2. Wortel adalah sumber yang banyak mengandung karoten dan vitamin A. 100 g wortel segar mengandung sekitar 8285 mg beta karoten dan 16.706 IU vitamin A. Studi telah menemukan bahwa senyawa flavonoid dalam wortel membantu melindungi kulit, paru-paru, dan kanker rongga mulut.
  3. Karoten akan dirubah menjadi vitamin A dalam tubuh setelah dikonsumsi. Beta karoten adalah jenis karoten utama yang terdapat dalam sayuran ini. Beta karoten juga merupakan salah satu anti-oksidan alami yang kuat, yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya. Selain itu, wortel juga memiliki semua fungsi dari vitamin A, seperti menjaga kesehatan mata yang baik, meningkatkan kesehatan reproduksi pria, serta pemeliharaan, integritas, pertumbuhan, dan perkembangan epitel.
  4. Wortel juga mengandung banyak zat antioksidan yang disebut dengan poliacetylene dan, falcarinol. Studi penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Newcastle pada hewan dilaboratorium menemukan bahwa falcarinol dalam wortel bisa membantu melawan kanker dengan menghancurkan sel-sel prakanker.
  5. Wortel juga merupakan sumber vitamin C yang baik; menyediakan sekitar 9% dari kebutuhan harian yang disarankan. Vitamin C adalah antioksidan larut dalam air, yang membantu tubuh menjaga kesehatan jaringan ikat, gigi dan gusi. Anti oksidan membantu melindungi tubuh manusia dari penyakit dan kanker dengan cara menyingkirkan radikal bebas berbahaya.
  6. Sayuran ini juga sangat kaya vitamin B kompleks, seperti asam folat, vitamin B6 (pyridoxine), thiamin, asam pantotenat, dll, yang bekerja sebagai kofaktor enzim selama metabolisme substrat dalam tubuh .
  7. Wortel juga mengandung mineral dalam jumlah yang sehat, seperti tembaga, kalsium, kalium, mangan dan fosfor. Kalium merupakan senyawa penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah dengan melawan efek sodium. Mangan diperlukan oleh tubuh sebagai kofaktor enzim antioksidan, superoksida dismutase.
Coba Juga :   Kandungan Nutrisi Ampas Tahu dan pengolahannya

Kandungan gizi wortel per 78 gram (sumber )

  1. Kalori 27
  2. Kalori dari Lemak 1
  3. Total Lemak 0,1 g 0 %
  4. Lemak Jenuh 0 g 0 %
  5. Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
  6. Lemak tak jenuh tunggal 0 g
  7. Kolesterol 0 mg 0 %
  8. Sodium 45 mg 2 %
  9. Kalium 183.3 mg 5 %
  10. Karbohidrat 6.4 g 2 %
  11. Serat 2,3 g 9 %
  12. Gula 2,7 g
  13. Protein 0,6 g
  14. Vitamin A 266 % · Vitamin C 5 %
  15. Kalsium 2 % ·
  16. Zat Besi 1 %

Tips memilih dan penyimpanan  wortel :

  1. Wortel segar selalu tersedia di pasar sepanjang musim. Pilihlah kualitas wortel yang masih muda, lembut, dengan konsistensi warna yang cerah. Hindari memilih wortel yang sudah lunak atau lembek, dengan goresan atau luka. Selain itu, hindari wortel yang berukuran sangat besar, karena mengindikaskan kadaluarsa dan kualitas yang buruk.
  2. Cuci wortel secara menyeluruh dengan air dingin untuk menghilangkan debu, tanah, atau sisa insektisida dan fungisida. Umumnya wortel tetap baik selama 1-2 minggu jika disimpan dalam komparten sayuran dalam kulkas. Atur tingkat suhu kulkas di bawah 35 derajat F dan kelembaban yang tinggi untuk menjaga kesegarannya.

Persiapan pengolahan :

Cuci wortel secara menyeluruh sebelum di konsumsi. Potong kedua ujungnya, kerik kulit luar dengan lembut dan potong akar serabutnya. Wortel muda memiliki rasa yang renyah, dan kaya rasa. Wortel mentah secara alami memiliki rasa manis dan lebih berair. Tapi rebus wortel dalam air selama beberapa menit untuk meningkatkan bioavailabilitas nutrisi.

Tips pengolahan wortel :

  1. Wortel segar bisa dinikmati mentah serta ditambahkan sebagai salad buah.
  2. Sayuran ini umumnya bisa disandingkan dengan sayuran lain seperti lobak, bit, kol, atau dengan tomat untuk campuran salad.
  3. Jus wortel adalah minuman yang menyegarkan, bisa juga dijus bersama dengan buah atau sayuran lain.
  4. Wortel bisa dicampur dengan sayuran seperti kacang hijau, kentang, kacang polong untuk berbagai macam resep masakan direbus, sup, sayur bening, dll.
  5. Wortel juga baik digunakan untuk menyusun makanan sehat balita.
Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *