Kandungan Nutrisi Tempe

kandungan nutrisi tempe

Pastinya Anda sudah tahu dengan makanan yang bernama tempe ini, karena ia asli khas Indonesia yang sudah dibuat selama berabad-abad lalu khususnya dalam tatanan ada Jawa. Bahkan tempe sekarang sudah mulai go internasional karena telah diketahui sebagai makanan pada nutrisi dengan rasa yang unik; dan bisa menjadi makanan baru sumber protein tinggi bagi para penganut diet vegan dan vegetarian diluar negeri. Tempe juga mudah didapat, murah, serta mudah dibuat menjadi sajian makanan apa saja, termasuk Tempe Bacem , botok tempe , dan Perkedel atau Mendol Tempe

Advertisement

Kami jelaskan lagi sedikit mengenai pembuatan tempe yang mungkin berguna; Tempe dibuat dari biji kedelai yang secara umum telah melalui beberapa tahap pemrosesan, yaitu perebusan, pengupasan, perendaman, pencucian, dan pemberian ragi, pengkukusan, dan diakhiri dengan fermentasi. Bahan lain yang digunakan terutama untuk fermentasinya yaitu ditambahkan beberapa jenis kapang rizhopus. Kapang yang tumbuh pada tempe ini bermanfaat untuk mengubah senyawa kompleks dalam kedelai supaya menjadi senyawa yang sederhana dan mudah dicerna oleh usus manusia. Bisa berbentuk tempe yang padat seperti yang kita kenal; adalah tak lain dari peran kapang yang merekatkan antara satu yang lain biji kedelai. Rasa tempe akan semakin masam jika semakin lama disimpan. – (wikipedia -tempe)

Berikut Kandungan nutrisi pada tempe plus manfaatnya bagi kesehatan

Nutrisi

Tempe banyak mengandung serat makanan, protein, isoflavon, lemak tak jenuh tunggal, dan kalsium. Nutrisi lainnya yang juga banyak ditemukan adalah vitamin B, zat besi, mangan, tembaga, serta zat yang bersifat antibiotika dan antioksidan yang bermanfaat mencegah penyakit-penyakit terkait degeneratif(usia).

Coba Juga :   Cara Membuat Saos Tomat sendiri

Manfaat bagi kesehatan

Tinggi Protein : Menambahkan tempe kedalam diet Anda, berarti juga meningkatkan asupan protein. Tempe mengandung protein lengkap berkualitas tinggi serta menyediakan semua asam amino yang harus diperoleh dari diet. Protein membantu mempertahankan jaringan otot, dan membuat enzim untuk fungsi sel. Jenis protein tempe adalah jenis yang mudah diserap seperti protein yang berasal dari sumber hewani seperti telur atau daging, sehingga menjadikannya sebagai makanan favorit bagi vegetarian.

Mangandung Tembaga dan Mangan : Memasukkan tempe kedalam diet Anda, maka Anda akan memperolehi lebih banyak tembaga dan mangan. Kedua mineral ini mendukung penyembuhan luka dan meningkatkan kekuatan jaringan dengan meningkatkan sintesis kolagen. Mangan di tempe juga membantu membersihkan glutamat , merupakan racun saraf diotak; sementara tembaga mempromosikan komunikasi sel otak.

Vitamin B : Tempe juga menambah asupan 2 jenis nutrisi penting dari golongan Vitamin B kompleks, yaitu riboflavin dan niacin.  Kedua vitamin ini mengaktifkan enzim yang berguna untuk metabolisme sel. Riboflavin juga baik untuk perawatan kulit dan mata, sementara niasin membantu mengontrol nafsu makan.

Tinggi kalori : Tempe juga sangat tinggi kalori, sekitar 320 kalori per cangkir , dan setiap porsi berisi 18 gram lemak total. Jadi jika Anda sering makan tempe secara berlebihan, sepertinya dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Tempe juga mengandung 100 miligram isoflavon per porsi, yaitu fitonutrisi yang memiliki struktur kimia mirip dengan hormon pada estrogen manusia.

Demikian kandungan nutrisi dalam tempe yang ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kenapa kita tidak makan tempe yang merupakan khas indonesia, sementara masyarakat diluar negeri banyak yang memujinya?

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *