Kandungan nutrisi Pisang dan Manfaatnya

kandungan nutrisi pisang

Banyak sekali kultivar dari pisang yang banyak dibudidayakan, termasuk pisang kepok, pisang Ambon, pisang raja, pisang susu, pisang tanduk, pisang tanduk, barangan, sunpride, pisang cavendish, dsb. Yang membedakan masing-masing umumnya adalah bentuk, ukuran, tinggi pohon, daun, tekstur, dan rasa; namun secara kualitas gizi, semua jenis pisang relatif sama –  yaitu pisang mengandung tinggi nutrisi termasuk Vitamin C, Vitamin B6, asam folat, vitamin A, mineral termasuk kalium, zat besi, jenis serat larut, juga karbohidrat, protein, gula, dan berbagai unsur kimia dan hormon bermanfaat seperti pektin, tripofan, serotonin, dan norepinefrin – disisi lain hal ini mengandung 0 kolesterol, 0 sodium dan 0 lemak, sehingga secara keseluruhan bagus buat kesehatan tubuh jangka panjang. Pisang tidak tumbuh sebagai pohon, namun diklasifikasikan sebagai arborescent (seperti pohon); dan pisang itu sendiri sebenarnya dianggap sebagai berry.

Advertisement

Secara sebagai camilan, pisang bisa diolah menjadi apa saja, pelembut jus buah, roti, pancake, hingga pisang goreng dan keripik pisang yang lezat. Pisang adalah produk buah tropis yang merupakan salah satu dalam daftar buah paling populer didunia termasuk karena alasan kandungan nutrisinya.

Baca juga : Top Sayuran Paling bergizi dan menyehatkan

Berikut kandungan nutrisi pisang dan manfaatnya yang penting bagi kesehatan

Kesehatan kardiovaskular dan Jantung

Satu buah pisang mengandung sekitar 467mg kalium, yaitu mineral yang merupakan elektrolit yang bermanfaat kuat melindungi sistem kardiovaskular. Dengan demikian, mengkonsumsi buah pisang secara teratur buah yang mengandung banyak kalium termasuk pisang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi, aterosklerosis(pengerasan pembuluh darah), hingga stroke dan jantung.

Menyehatkan Tulang

Meskipun pisang tidak mengandung jumlah kalsium dalam jumlah tinggi, namun memberikan tubuh sebuah zat yang mendorong probiotik yaitu bernama  fructooligosaccharide (probiotik adalah bakteri ramah dalam sistem pencernaan). Nah, Fructooligosaccharide yang berfermentasi dalam saluran pencernaan inilah yang bermanfaat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

Meningkatkan Energi dan menyeimbangkan mood

Manfaat lain kandungan tinggi kalium dalam pisang adalah dari perannya sebagai elektrolit yang bermanfaat menyediakan energi. Pisang juga mengandung triptofan, serotonin dan norepinefrin, yang membantu mencegah depresi serta mendorong perasaan rileks atau santai. Selain itu pisang juga menyediakan vitamin B6, yang bermanfaat membantu mencegah sulit tidur, perubahan mood, dan mudah tersinggung.

Kesehatan mata

Pisang yang digabungkan dengan dengan ramuan tertentu di Nigeria-Afrika digunakan untuk mengobati katarak; juga memiliki kemampuan untuk mencegah degenerasi makula, yaitu penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Opthmalogy pada tahun 2004, orang yang makan 3 porsi pisang per hari kurang mengembangkan menurunnya penglihatan.

Coba Juga :   Kandungan Nutrisi tomat dan manfaatnya bagi kesehatan

Baik untuk sistem Pencernaan

Pisang bermanfaat menekan asam dalam saluran pencernaan, sehingga mengurangi mulas, dan membantu mencegah ulcer(maag). Karena pisang juga mengandung pektin, serat larut, maka ia membantu proses BAB dan membantu mencegah sembelit.

Makanan yang baik untuk Bayi

Pisang sangat mudah dicerna ditambah dengan manfaat gizinya yang tinggi, sehingga menjadikannya sebagai makanan yang sempurna bagi bayi yang baru dikenalkan dengan makanan padat. Jadi jangan ragu memberikan pisang untuk bayi Anda!

Mencegah HIV

Sebuah jurnal Biological Chemistry pada Maret 2010 menerbitkan sebuah studi yang mengungkapkan potensi penyembuhan dari Ban-Lec( protein lektin dalam pisang). Para peneliti menemukan bahwa protein ini mengikat gula,  juga dapat mengikat sel yang terinfeksi oleh HIV, membungkusnya, mencegah replikasi dan penyebarannya.

Kulit pisang juga bermanfaat

Kulit pisang pun bahkan masih berguna, jadi jangan dibuang. Jika diterapkan pada kulit yang berjerawat, kuliy pisang bisa mengeringkan noda kulit tersebut secara alami. Hal ini juga bagus sebagai bahan membuat pupuk organik.

Efek samping yang mungkin terjadi

Karena sangat tinggi akan kandungan nutrisi, kelebihan makan pisang setiap hari bisa menghasilkan efek samping buruk yang terkait :

Asam amino yang tinggi dalam pisang bisa menyebabkan pusing atau sakit kepala,  tripofan dalam pisang menyebabkan mengantuk, serta berlebihan magnesium menyebabkan otot lemas. Berlebihan makan pisang juga diketahui menyebabkan sembelit, walaupun makan dalam jumlah cukup justru mencegah masalah sulit BAB ini.

Hal ini mungkin tak akan pernah terjadi jika Anda hanya makan 2-3 buah pisang saja dalam satu hari; kecuali jika sampai puluhan, apalagi sekaligus. 🙂

Pisang kloning

Namun banyak pisang yang dijual di toko-toko yang dikloning dari hanya satu varietas, yaitu tanaman pisang Cavendish, yang awalnya asli dari Asia Tenggara. Hal ini berarti penyakit sangat berpotensi merusak tanaman kloning dalam satu kali kejadian. Ahli botani mengatakan hal itu mungkin akan terjadi dalam 20 tahun ke depan, dan sebenarnya kini sudah mulai terjadi. Pada awal abad terakhir, jenis pisang yang dominan adalah Gros Michel, juga spesies kloning, yang kini hilang karena jamur. Gros Michel lebih banyak disukai daripada Cavendish karena berukuran lebih besar, memiliki umur simpan lebih lama, dan, lebih enak dimulut. Pisang Cavendish menggantikan Gros Michel setelah kelangkaannya dari lebih1.000 varietas pisang di seluruh dunia, yang sebagian besar tidak memiliki rasa yang lebih menarik. Ada jenis pisang yang kurang manis, dan juga ada yang disebut Goldfinger yang memiliki rasa seperti buah apel

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *