Kandungan nutrisi Pare dan Khasiatnya

nutrisi pare

Pare atau paria / peria, adalah buah dari tanaman merambat yang memiliki rasa yang pahit, dan sangat umum diplikasikan kedalam resep masakan. Walaupun rasanya pahit, pare ternyata tinggi nutrisi, dan bermanfaat bagi kesehatan. Jadi, tak perlu lagi ragu jika Anda menyukai pare. Bahkan, sayuran ini dikatakan sangat bagus untuk membantu mengendalikan gula darah pada penderita diabetes.

Advertisement

Pare  juga dapat digunakan pare untuk menurunkan berat badan. Hal ini seperti yang dipercaya oleh para ilmuwan,  bahwa resistensi insulin terhubung ke kelebihan berat badan. Ini adalah suatu kondisi fisiologis, di mana efisiensi insulin untuk menurunkan gula darah menjadi telah berkurang. Telah ditemukan oleh para ilmuwan juga, bahwa pare mampu menangani resistensi insulin dan bisa efektif untuk menurunkan berat badan. Baca lebih lanjut untuk mengetahuinya!

Nutrisi buah pare , khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan

Kandungan nutrisi :

Ini akan sangat membantu bagi Anda untuk mengetahui fakta-fakta nutrisi pare. Pare mengandung kalori yang sangat rendah, yaitu hanya tujuh kalori dalam 100 gramnya. Sayur pahit ini juga kaya akan fitonutrisi seperti antioksidan, vitamin, mineral dan serat makanan. Manfaat gizi pare termasuk kandungan flavonoid, seperti zeaxanthins, lutein, alfakaroten, dan betakaroten – ditambah juga dengan insulin tanaman yang dianggap bisa mengurangi kadar gula darah. Terdapat juga agen hipoglikemik yang dikenal dengan charantin. Charantin membantu meningkatkan sintesis glukogen dan pengambilan glukosa dalam sel-sel jaringan adiposa, otot, dan hati.

Khasiat Manfaat kesehatan

  • Anda juga bisa menggunakan pare untuk membantu herpes. Ekstrak pare dianggap dua kali lebih efektif daripada asiklovir, yang merupakan obat resep untuk mematikan strain virus herpes yang tidak tahan terhadap asiklovir.
  • Tekanan darah tinggi juga bisa diatasi secara efektif dengan pare, karena sayuran ini kaya akan asam amino yang dikenal sebagai citrulline,  yang membantu meningkatkan nitrat oksida dan vitamin C. Hal ini bisa dengan cepat membuang oksigen aktif, sehingga memungkinkan oksida nitrat untuk tinggal lebih lama didalam  pembuluh darah.
  • Jika menggunakan pare untuk pengobatan asam urat, Anda harus membuat jus dari 2 buah pare dan mengkonsumsinya secara teratur dua kali sehari. Anda harus memastikan bahwa jus tersebut tidak dimasak, karena efek menguntungkannya bisa berkurang. Anda juga bisa mencoba mengkonsumsi kapsul pare yang dijual 500 mg perkapsul.
  • Pare bisa untuk meredakan asam lambung. Namun manfaat yang tepatmasih belum jelas, sehingga rekomendasi penggunaanya tidak dibuat karena kurangnya dukungan penelitian ilmiah.
  • Penelitian terbaru menunjukkan bahwa menggunakan pare untuk kanker pay*dara bisa efektif , karena membantu modulasi banyak jalur transduksi sinyal, yang membawa kematian bagi sel-sel kanker pay*dara dan mencegah perkembangannya.
  • Anda juga bisa menggunakan pare untuk hipertensi dan dislipidemia.

Pare untuk Diabetes

Memanfaatkan pare untuk diabetes dikenal sebagai bantuan pengobatan yang sangat efektif. Penelitian telah menunjukkan efisiensi pare dalam menurunkan kadar gula darah pada hewan dan manusia. Ada dianggap tiga kelompok senyawa dalam pare yang dikatakan memiliki manfaat hipoglikemik dan mengobati diabetes mellitus. Oleh karena itu, pare efektif untuk pengobatan diabetes mellitus. Terdapat campuran saponin steroid yang disebut charantin, alkaloid dan peptida seperti insulin. Namun hal ini masih kurang jelas,   salah satunya adalah yang paling efektif atau jika semua bekerja secara bersama-sama.

Coba Juga :   Kandungan nutrisi Kacang tanah dan manfaatnya bagi kesehatan

Namun, persiapan pare telah terbukti meningkatkan toleransi glukosa secara signifikan tanpa membiarkan tingkat kenaikan insulin darah dan meningkatkan kadar glukosa darah. Mengandung tinggi zat besi, dan dua kali lipat kalium dari pisang dan dua kali kalsium dari bayam. Hal ini juga dianggap bermanfaat bagi hati, dan itu telah dibuktikan oleh para ilmuwan mengandung insulin dan menghambat infeksi HIV.
Untuk membantu diabetes tipe 2, pare bisa dimakan mentah setiap hari. Hal ini akan membantu memberikan nutrisi yang Anda butuhkan untuk mengalahkan resistensi insulin atau diabetes tipe 2. Anda juga bisa menggunakan pare untuk mengatasi diabetes tipe 1, karena pare dianggap melawan proses penghancuran sel oleh sistem kekebalan tubuh menjadi bagian dari gangguan autoimun. Diabetes Gestational adalah jenis diabetes yang terjadi hanya pada wanita hamil. Menggunakan pare untuk pengobatan diabetes gestational bisa efektif.

Pare untuk kulit

Pare juga baik untuk mengatasi infeksi kulit. Hal ini karena buah dan biji pare memiliki kandungan nutrisi yang banyak, dikatakan terdiri dari vitamin C, vitamin B1, B2, B3, beta-karoten, kalium, kalsium dan zat besi. Sifat mendinginkan pare juga membuatnya baik untuk kulit. Anda juga bisa menggunakan pare untuk jerawat. Ada teknik sederhana yang dapat Anda ikuti untuk menggunakan pare untuk pengobatan jerawat; Terlebih dahulu Anda harus mengambil kulit pare dan mengekstraknya dengan. Lalu,  bubur pare dioleskan ke kulit dan biarkan selama sekitar 20 menit. Setelah itu  bilas dengan air hangat. Jika menggunakan pare untuk mengobati bisul, Anda harus mendidihkan ekstraknya. Hal ini akan mematikan kuman dan membawa efek yang menenangkan. Jika Anda merasa kesulitan menerapkan ekstrak, Anda bisa mencampur ekstrak pare dengan beberapa jus lemon dan diminum pada waktu perut masih kosong.

Ini telah ditunjukkan oleh penelitian bahwa ekstrak pare membantu dalam memerangi strain virus herpes. Anda juga dapat menggunakan pare untuk pengobatan dan pencegahan luka borok, yaitu dengan cara mengkonsumsinya secara teratur. Sifat antibakterinya membuat pare bisa untuk mengobati eksim secara efektif.

Cara mengkonsumsi pare

Pare biasanya tidak dimakan mentah karena rasanya yang bisa sangat pahit. Kebanyakan orang lebih memilih mengambil ekstrak pare, atau dalam bentuk larutan atau kapsul. Anda juga bisa membuat jus atau sup, yang juga merupakan pilihan yang populer. Anda juga bisa mencoba mendapatkan pare sebagai olahan teh herbal, atau Anda bisa mencoba membuat sendiri teh pare dengan cara mendidihkan beberapa daun pare dengan air.

Perhatian :

  1. Meskipun banyak manfaat pare bagi kesehatan, penting untuk diketahui adalah jangan mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan, karena dapat mengakibatkan diare dan sakit perut. Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil obat atau suplemen yang mengandung pare.
  2. Hipoglikemia adalah suatu kondisi di mana ada kekurangan glukosa dalam darah yang menuju ke otak. Pare memiliki kemampuan untuk mempengaruhi tingkat glukosa, sehingga bagi penderita hipoglikemia sebaiknya tidak mengkonsumsi buah pare.
  3. Orang dengan riwayat hepatitis atau sirosis juga harus menghindari makan pare.
Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *