Kandungan nutrisi dan manfaat kecambah kacang hijau(tauge) bagi kesehatan

kandungan nutrisi tauge dan manfaatnya

Setiap jenis kacang yang bisa dibuat kecambah untuk dikonsumsi sebagai tambahan dalam menu atau resep memasak, namun yang paling banyak digunakan adalah tauge atau kecambah dari kacang hijau. Ibu-ibu pasti suka menambahkan tauge untuk melengkapi makanan Anda dalam keadaan mentah atau segar, karena rasanya yang manis dan gurih khas. Sebenarnya kecambah juga sehat apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah, namun yang perlu diperhatikan adalah kebersihannya, karena apapun yang dalam keadaan mentah bisa mengandung bakteri merugikan terutama kecambah; jadi cuci dengan bersih, atau kalau perlu bisa dilanjut dengan mencelupkannya kedalam air panas sebentar.  Walaupun akan sedikit layu, tapi yang penting adalah keamanannya. Buat apa makanan sehat, kalau bisa mengandung bakteri berbahaya bukan?

Advertisement

Berikut kandungan nutrisi tauge atau kecambah kacang hijau serta manfaatnya bagi kesehatan :

Karbohidrat

Satu porsi secangkir Tauge yang dimasak mengandung sekitar 13 gram karbohidrat. Bagi orang dewasa yang menjalani diet 2.000 kalori, hal ini akan memberikan antara 4 hingga 5,7 persen dari total kebutuhan karbohidrat yang 225 sampai 325 yang dianjurkan setiap hari. Tauge ini tidak mengandung gula sederhana, dan mengandung 2 gram serat pangan per cangkir; yang memenuhi 7 persen kebutuhan serat setiap hari untuk pria dan 8,5 persen wanita. Karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh, dan bisa Anda dapatkan juga dari kecambah atau tauge ini.

Protein

Kecambah kacang hijau merupakan sumber sedang protein nabati, yaitu setiap cangkirnya kira-kira menyediakan 5,3 gram, atau mencukupi sekitar 10 persen dari rata-rata kebutuhan setiap hari. Namun protein dalam tauge tidaklah lengkap, karena ia tidak mengandung semua asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Untuk mendapatkan protein yang lengkap tanpa daging atau produk hewani lainnya, makanlah berbagai macam jenis sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian setiap  hari. Protein digunakan oleh tubuh untuk memperbarui sel yang rusak atau mati dan membangun jaringan otot; jadi protein ini penting, dan bisa banyak Anda dapatkan dari tauge.

Coba Juga :   Top Sayuran Paling bergizi dan menyehatkan

Vitamin

Secangkir tumis tauge menyediakan dalam jumlah yang baik dari kelompo vitamin B kompleks, yaitu riboflavin, asam pantotenat, asam folat, vitamin B-6, thiamin dan niacin. Kecambah kacang hijau ini juga tinggi akan vitamin C. Setiap 1 prosi secangkir tauge menyediakan sekitar 19 miligram vitamin C, yang mencukupi sekitar 22 persen kebutuhan harian yang dianjurkan untuk pria dan 26 persen untuk wanita. Vitamin C berguna untuk melindungi kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas yang bisa diperoleh dari polusi, kurang tidur, dan paparan sinar matahari. Dengan demikian akan membantu melindungi kesehatan tubuh, bahkan bisa membuat lebih segar dan awet muda.

Baca juga : Kandungan nutrisi Kacang tanah dan manfaatnya bagi kesehatan

Sementara itu folat(bagian dari vitamin B), bermanfaat untuk membuat DNA, memproduksi sel baru, serta melindungi sel termasuk sel darah merah agar sehat. Bagi wanita hamil, asam folat sangat penting untuk mencegah cacat tabung syaraf pada janin.

Mineral

Kecambah kacang hijau sangat tinggi jenis mineral yang bernama tembaga, yaitu setiap cangkir tauge masak menyediakan sekitar 316 mikrogram mineral ini. Orang dewasa membutuhkan tembaga sekitar 900 mikrogram per hari, sehingga jika makan satu porsi tauge akan memberikan sekitar 35 persen dari kebutuhan tubuh harian. Selain itu, tauge juga mengandung zat besi dalam jumlah yang cukup baik; makan secangkir kecambah sudah memenuhi hampir 30 persen dari total kebutuhan zat besi pada pria dan 13 persen wanita. Selain kedua mineral diatas, tauge juga menyediakan untuk tubuh kita magnesium, mangan dan seng. Manfaat zat besi adalah untuk mengangkut oksigen dalam darah serta mempertahankan kekebalan tubuh; sementara magnesium berguna untuk menjaga kesehatan otot.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *