Kandungan nutrisi Kacang Hijau dan manfaatnya

Kandungan nutrisi kacang hijau

Kacang hijau yang bentuknya kecil, berwarna hijau dan sangat keras ini sejak dulu banyak diolah menjadi bubur kacang hijau, dan banyak jajanan lain misalnya onde-onde. Jenis kacang ini selain memiliki rasa yang gurih dan umumnya mengenyangkan, juga diyakini memiliki khasiat dalam pengobatan China dan Ayurvedha dari India untuk membantu mempercepat penyembuhan penyakit dan detoksifikasi tubuh.

Advertisement

Kandungan nutrisi

Dalam hal gizi, si kacang hijau merupakan makanan yang sangat tinggi protein, sehingga banyak dikonsumsi oleh vegetarian sebagai sumber protein alternatif dari sumber hewan. Nutrisi utama dalam kacang hijau lainnya adalah karbohidrat sebagai sumber energi tubuh, serat pangan yang bermanfaat membantu pencernaan dan mencegah kolesterol jahat, zat besi untuk menambah darah, kalsium untuk kekuatan tulang, serta beberapa mineral dan vitamin yaitu B kompleks, A, C, K, tembaga, folat, kolin, magnesium, pospor, mangan, kalium, dan selenium. Keuntungan lainnya dari makanan ini adalah rendah lemak, dan mengenyangkan, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang menurunkan berat badan dengan diet sehat. Baca juga : Kandungan nutrisi Kacang tanah dan manfaatnya bagi kesehatan

Manfaat makan Kacang hijau bagi kesehatan

Rendah Kolesterol

Kacang hijau rendah kolesterol namun tinggi serat makanan jenis larut. Serat pangan mengacu pada partikel makanan tertentu yang tidak dapat dicerna; bila tercampur dengan air dalam saluran pencernaan akan membentuk bahan yang berbentuk seperti gel yang menghambat penyerapan lemak, yang akhirnya membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat)dan mendukung produksi reseptor LDL yang bertanggung jawab untuk menghilangkan kolesterol LDL yang berlebihan dalam darah. Disarankan untuk mengkonsumsi 10 sampai 25 g serat larut setiap hari untuk mengurangi jumlah kolesterol LDL. Kacang hijau mengandung sekitar 1,9 g total serat pangan per cangkir.

Baca juga : Kandungan nutrisi Pisang dan Manfaatnya

Mencegah kanker

Kacang hijau mengandung inhibitor protease, yang bersifat memperlambat perkembangan sel-sel kanker tertentu termasuk yang ditemukan pada kanker pay*dara. Inhibitor protease juga dikenal bersifat menghambat dan mencegah pembentukan sel-sel tumor.

Meringankan Hot Flashes

Kacang hijau merupakan sumber fitoestrogen,  yang telah terbukti mengurangi hot flashes(berkeringat malam), yang seringkali mengganggu dan tidak menyenangkan pada beberapa wanita menopouse atau perimenopouse.

Memperlambat dan Mencegah Osteoporosis

Fitoestrogen juga telah diketahui mencegah efek buruk osteoporosis, yaitu dengan cara merangsang pembentukan tulang.

Ramah Diabetes

Kacang hijau termasuk makanan dengan indeks glikemik rendah, sehingga tidak akan menimbulkan masalah bagi diabetes. Selain itu kacang hijau ini juga mempromosikan kadar gula darah yang sehat dengan cara mengurangi glukosa darah, plasma C peptida, glukagon dan kadar nitrogen dalam diabetes tipe 2 .

Coba Juga :   Kandungan nutrisi Pisang dan Manfaatnya

Sumber Protein tinggi

Kacang hijau sangat tinggi mengandung protein, yaitu sekitar 3.16 g percangkir. Hal ini merupakan alternatif yang baik bagi vegetarian atau juga sumber protein nabati yang baik bagi siapa saja.

Menjaga tekanan darah yang normal

Kacang hijau juga tinggi kalium, sehingga bisa membantu mengontrol tekanan darah sehingga bisa terhindar dari darah tinggi maupun darah rendah.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kacang hijau mengandung magnesium, yaitu mineral yang bermanfaat membantu relaksasi pembuluh darah dan arteri, mengurangi resistensi,  meningkatkan aliran darah, oksigen, dan nutrisi ke seluruh tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan magnesium tidak hanya terkait dengan serangan jantung tapi juga mempromosikan kerusakan sel akibat radikal bebas.

Makan kacang hijau juga membantu mengurangi tingkat kolesterol dalam darah dan  membantu mengatur tekanan darah yang sehat, sehingga arteri dan vena tetap terjaga dalam  kondisi baik. Dengan demikian pada akhirnya akan membuat jantung dapat bekerja dengan baik, sehingga terhindar dari berbagai masalah pada jantung.

Anti inflamasi

Kacang ini memiliki senyawa yang bersifat anti inflamasi, yang membantu mencegah peradangan dan membantu proses penyembuhan.

Membersihkan racun dari tubuh.

Kacang hijau yang dimasak dan dikonsumsi dengan cara yang benar bisa membantu membersihkan racun dan bahan kimia dalam tubuh (detoksifikasi) alami.

Membantu menurunkan berat badan.

Kacang hijau kaya protien dan serat, sehingga makan sedikit kecil kacang hijau akan membuat Anda kenyang. Selain itu juga bergizi tinggi dan berkadar lemak rendah, sehingga sangat dianjurkan bagi yang berencana untuk menurunkan berat badan.

Menyehatkan mata

Secangkir kecambah kacang hijau menyediakan 14mg Vitamin C, yang bekerja sebagai anti oksidan dan mendukung kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh.

Mencegah Sembelit.

Karena kandungan tinggi serat, kecambah kacang hijau dapat membantu meningkatkan motilitas usus dan mengurangi tanda-tanda motilitas.

Anti penuaan kulit.

Fitoestrogen yang merupakan enzim dalam kacang hijau membantu sekresi kolagen dan elastin, sehingga membantu dalam meningkatkan kesehatan kulit. Asupan rutin kacang hijau akan meningkatkan kehalusan kulit dan mencegah keriput dini.

Meningkatkan kesehatan hati.

Kacang hijau kaya akan lesitin, yaitu zat yang bisa mengurangi lemak pada hati; yang pada akhurnya mengurangi lemak hati dan mengatur fungsi hati yang normal .

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *