Kandungan Nutrisi Jagung dan Manfaat Bagi Kesehatan

Kandungan nutrisi jagung dan manfaatnya bagi kesehatan

Jagung merupakan jenis biji-bijian yang paling populer dikonsumsi diseluruh dunia. Merupakan tumbuhan dari keluarga rumput yang asalnya diketahui dari Amerika Tengah, dan kini penyebarannya sudah hampir merata dimana-mana dipenjuru dunia, terutama tumbuh baik di daerah tropis subtropis.

Advertisement

Dari semua jenis jagung, jagung manis yang paling umum dikonsumsi. Kemudian jagung biasa sering dibuat produk seperti tepung jagung yang digunakan sebagai bahan segala jenis makanan. Produk lain dari jagung seperti sirup jagung dan minyak jagung. Didaerah kita Indonesia, jagung sering dikonsumsi sebagai pengganti nasi misalnya sego empok, nasi jagung, jenang jagung, jagung rebus,  jagung bakar, burur jagung, PopCorn, hingga dibuat sebagai sayur seperti bakwan jagung dan sayur bening.

JAGUNG adalah salah satu makanan sehat yang kaya akan vitamin, serat, serta berbagai mineral serta antioksidan. Secara umum biji jagung berwarna kuning, tapi ada juga warna yang lain seperti merah, oranye, ungu, biru, putih, dan hitam.

Kandungan Nutrisi pada Jagung dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Fakta nutrisi

Selain mengandung air, jagung mengandung banyak karbohidrat, namun sedikit protein dan lemak. Karbohidrat dari jagung adalah karbohidrat kompleks(lama dicerna) sehingga seringkali dianjurkan bagi penderita diabetes sebagai pengganti nasi putih. Berikut fakta nutrisi jagung perporsi 100g menurut USDA

  • kalori 96
  • air 73 %
  • protein 3,4 g
  • karbohidrat 21 g
  • Gula 4,5 g
  • Serat 2,4 g
  • Lemak 1,5 g
  • Lemak jenuh 0,2 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0,37 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0,6 g
  • Omega-3 0,02 g
  • Omega-6 0,59 g

Karbohidrat

Jagung terutama mengandung banyak karbohidrat. Pati adalah jenis utama karbohidrat yang ditemukan dalam jagung, sekitar 30%-80% dari total berat jagung kering. Jagung juga mengandung sedikit gula.

Jagung manis merupakan varietas khusus yang lebih rendah kadar pati yaitu 28% namun lebih tinggi kadar gula sekitar 18% yang sebagian besar  jenis sukrosa.

Indeks glikemikadalah ukuran untuk menjelaskan seberapa cepat karbohidrat dicerna. Makanan yang memiliki tingat tinggi pada indeks glisemik ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Meskipun jagung manis memiliki kadar gula, namun bukan berarti makanan tinggi glisemik. Jagung menempati urutan menengah ke sedang soal indeks glikemik. Inilah mengapa jagung sering disarankan untuk diabetes sebagai pengganti nasi putih yang tinggi peringkat glisemiknya.

Serat

Jagung mengandung cukup banyak serat. Jumlah ini bisa memenuhi sekitar 42% hingga 64% dari asupan serat harian yang disarankan untuk pria dan wanita. Jenis serat paling dominan dalam jagung adalah bentuk serat tidak larut, seperti hemiselulosa, selulosa, dan lignin.

Protein

Jagung juga mengandung protein, meskipun dari jenis yang berkualitas rendah. Tergantung dari varietas jagung, kandungan protein berkisar antara 10-15%. Protein yang paling banyak pada jagung dikenal dengan zeins, sekitar  44 hingga 79% dari total kandungan total.

Kandungan Lemak pada Minyak Jagung

Minyak jagung memiliki kandungan lemak berkisar 5-6%, sehingga bisa disebut sebagai makanan rendah lemak. Namun minyak jagung kaya akan lemak yang biasa digunakan untuk memasak. Minyak jagung terutama terdiri dari asam linoleat, asam lemak tak jenuh ganda, sisanya lemak tak jenuh tunggal dan lemak jenuh.

Minyak jagung mengandung banyak vitamin E, dan pitosterol, yang bisa efektif untuk menurunkan kadar kolesterol.

Vitamin dan mineral

Jagung mengandung cukup banyak beberapa jenis vitamin dan mineral, tapi jumlahnya sangat bervariasi tergantung pada jenis jagung. Secara umum, jagung biasa kaya akan mineral, sedangkan jagung manis lebih tinggi vitamin.

Jagung biasa lebih tinggi mineral

Mangan: banyak ditemukan dalam biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran.
Fosfor: jagung biasa dan jagung manis mengandung fosfor,  mineral yang penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Namun karena adanya asam fitat dalam jagung, maka penyerapannya mungkin buruk.
Magnesium: Adalah mineral dari makanan yang sangat penting. Tubuh kurang magnesium dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung.
Zinc: Mineral ini memiliki fungsi penting dalam tubuh. Namun karena adanya asam fitat dalam jagung, maka penyerapannya mungkin buruk.
Tembaga: Asupan tembaga yang tidak memadai dapat menyebabkan efek buruk pada kesehatan jantung.
Jagung manis lebih tinngi di Vitamin:

  • Asam pantotenat: Merupakan jenis vitamin B yang disebut juga vitamin B5. Kekurangan vitamin ini jarang terjadi karena banyak terdapat dalam banyak makanan lainnya.
  • Folat: Dikenal juga dengan vitamin B9 atau asam folat, merupakan nutrisi penting khususnya selama kehamilan.
  • Vitamin B6: Juga umum dikenal sebagaih pyridoxine, berperan untuk melayani berbagai fungsi dalam tubuh.
  • Niacin: Disebut juga vitamin B3, namun dalam jagung tidak dapat terserap dengan baik.
  • Kalium: Adalah nutrisi penting yang penting untuk mengendalikan tekanan darah dan dapat meningkatkan kesehatan jantung .
Coba Juga :   Top Sayuran Paling bergizi dan menyehatkan

Jagung merupakan sumber banyak vitamin dan mineral. Jagung biasa cenderung lebih tinggi mengandung mineral, sementara jagung manis cenderung lebih tinggi mengandung vitamin.

Kandungan bioaktif dan antioksidan Jagung

Jagung juga mengandung beberapa senyawa tanaman bioaktif, beberapa di antaranya mungkin memiliki dampak baik bagi kesehatan. Bahkan, jagung mengandung antioksidan lebih tinggi daripada antioksidan dari biji-bijian sereal umum lainnya.

  • Ferulic acid: Merupakan salah satu dari jenis antioksidan polifenol, dan kandungan dalam jagung lebih tinggi daripada sereal lainnya seperti gandum, oat, dan beras.
  • Anthocyanin: Antioksidan yang memberikan warna biru, ungu, dan merah pada jagung.
  • Zeaxanthin:  adalah salah satu karotenoid yang paling umum yang ditemukan pada tumbuhan. Manfaatnya terkait dengan peningkatan kesehatan mata.
  • Lutein: Merupakan salah satu karotenoid utama dalam jagung. Seperti zeaxanthin, yaitu dimana ia juga berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi mata dari kerusakan oksidatif yang dihasilkan oleh ultraviolet.
  • Asam fitat: Antioksidan ini justru dapat mengganggu penyerapan mineral makanan, seperti seng dan zat besi.

Pada intinya Jagung mengandung antioksidan lebih tinggi daripada biji-bijian sereal lainnya. Hal ini terutama kaya akan karotenoid yang menyehatkan mata.

Nutirisi Popcorn

Popcorn adalah makanan dari biji jagung yang mengembang karena dipanaskan. Hal ini terjadi karena air yang di tengahnya berubah menjadi uap kemudian menciptakan tekanan yang membuat biji jagung meledak.

Popcorn adalah makanan ringan dari jagung yang sangat populer. Bahkan, popcorn adalah salah satu dari biji-bijian yang umum dikonsumsi sebagai makanan tunggal bahkan jagung sebagai bahan makanan.

Makanan gandum mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Tapi meskipun popcorn sendiri mungkin sehat, sayangnya sering di tambahkan gula dan garam serta tinggi kalori dari minyak goreng.

Manfaat Kesehatan Jagung terutama untuk kesehatan Mata

Degenerasi makula dan katarak adalah penyakit mata yang paling umum di dunia dan merupakan penyebab utama kebutaan. Infeksi dan usia adalah salah satu penyebab utama dari penyakit ini, namun asupan gizi juga mungkin juga berperan penting.

Asupan antioksidan terutama karotenoid, seperti zeaxanthin dan lutein yang banyak terdapat dalam jagung mungkin memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan mata.

Lutein dan zeaxanthin adalah karotenoid yang paling dominan dalam jagung, namun umumnya rendah pada jagung putih.

Lutein dan zeaxanthin juga dikenal sebagai pigmen makula, yang ditemukan dalam retina manusia yang melindungi mata dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh ultraviolet.

Tingginya kadar jenis karotenoid ini dalam darah sangat terkait dengan penurunan risiko degenerasi makula dan katarak.

Ringkasan

Jagung merupakan salah satu dari  biji-bijian yang paling banyak dikonsumsi didunia. Merupakan sumber antioksidan karotenoid yang baik seperti lutein dan zeaxanthin yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Jagung  juga merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin terutama vitamin B dan mineral.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *