Kandungan Nutrisi Dedak Padi Atau Bekatul dan Manfaat bagi Kesehatan

kandungan nutrisi dedak padi dan gandum

Padi sudah barang tentu semua sudah pada tahu, tapi mungkin jarang yang tahu justru nutrisi tertingginya ada lama bekatul atau dedaknya. Dedak atau bekatul adalah kulit padi yang sudah halus dan terpisahkan oleh proses mesin penggilingan/selep, sehingga yang padi berubah nama menjadi beras dan akhirnya kita masak jadi nasi. Bekatul mengandung banyak nutrisi penting yang setipa hari dibutuhkan oleh tubuh termasuk : Serat, karbohidrat, protein, lemak, serta bermacam Vitamin dan mineral.

Advertisement

Untuk itulah kenapa ayam-ayam yang diberi makan dedak alias bekatul ini hidupnya bisa sehat dan gemuk-gemuk. Sebenarnya nutrisi dalam dedak ini juga didapatkan manusia, tapi sayangnya manusia tidak mungkin makan dedak seperti ayam.

Tapi kita sebagai manusia masih bisa mendapat imbasnya atau kecipratan rejeki nutrisi dari dedak melalui kulit ari beras yang kita makan. Selain dedak, selaput tipis pada padi yang berwarna mangkak natau disebut kulit ari padi ini juga mengandung serat, vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Padi yang kita dapatkan langsung dari penggilingan(tanpa melalui pemolesan) masih mengandung bekatul terutama jika tidak kita cuci dengan bersih, artinya kita juga masih bisa makan dedak melalui partikel yang masih menempel pada bulir padi. Namun ini berbeda ketika beras sudah dipoles oleh pabrik, dimana beras sudah menjadi bersih betul tanpa menyisakan kulit ari dan dedak  sehingga lebih  minim nutrisi. Ironis bukan?

Tapi bekatul yang sama tak hanya milik beras, tapi gandum juga. Ada produk-produk gandum yang sekaligus mengandung dedaknya untuk makanan kesehatan yang dijual disana.

Baca juga : Kandungan Nutrisi tomat dan manfaatnya bagi kesehatan

Berikut kandungan nutrisi bekatul dan manfaatnya bagi kesehatan

Kalori dan karbohidrat

Situs informasi gizi SelfNutritionData  1 ons bekatul kasar bisa memberikan tubuh kita sejumlah 88 kalori, yang terdiri dari 48% kalori dari lemak, 33% dari karbohidrat dan 7% dari protein.

Coba Juga :   Kandungan Nutrisi Wortel dan Manfaatnya

Lemak

1ons bekatul beras mengandung 5,8 g lemak.yang sebagian besar yaitu  4,2 g adalah lemak tak jenuh yang sehat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan terutama jantung dengan cara meningkatkan kolesterol baik.

Karbohidrat

Tak hanya butir padinya saja yang mengandung karbohidrat. Seporsi 10ns dedak padi mengandung 13,9 g karbohidrat, namun hanya sekitar 0,3 g karbohidratnya adalah gula. Sisanya yaitu serat dan karbohidrat kompleks. Serat pangan dari bekatul membantu tubuh membersihkan usus, menyehatkan pencernaan dan mencegah penyerapan lemak jenuh oleh usus. Karbohidrat kompleks bersifat lambat dicerna, memberikan energi secara langsung dan berontribusi untuk kesetabilan kadar gula darah.

Protein

1 ons dedak mengandung 3,7 gram protein, sedangkan kebutuhan harian kita adalah 7%. Protein dari dedak adalah jenis protein lengkap, yang memberikan beberapa asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Vitamin

Satu porsi 1 ons dedak padi bisa memberikan lebih dari setengah dari kebutuhan gizi harian Anda akan vitamin yaitu  tiamin, niasin dan vitamin B6. Semuanya adalah dari  golongan vitamin B kompleks. Serta memberikan asupan vitamin E bagi tubuh Anda sebesar 7% dari total kebutuhan vitamin E harian Anda. Dedak juga mengandung riboflavin, folat dan vitamin K.

Mineral

Bekatul sangat kaya akan mineral mangan, bahkan per 1 ons bisa memberikan 2 kali dari kebutuhan harian kita. Hal ini juga mengandung magnesium sebesar 55% dari kebutuhan harian Anda, 47% fosfor, 29% zati besi dan 12 % dari kebutuhan kalium harian Anda. Juga 11% seng dan 10% tembaga. Dedak padi hanya sedikit mengandung natrium sekitar 1,4 mg per porsi ons.

Demikian kandungan nutrisi yang terdapat dalam dedak padi maupun gandum. Kaya nutrisi, namun sulit untuk kita konsumsi selain dari gandum utuh dan beras yang belum diproses secara kimia/pabrik. Kalau anda memelihara ayam kampung, dedak padi adalah makanan terbaik mereka yang bisa diberikan secara langsung.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *