Kandungan nutrisi dan manfaat umbi bit bagi Kesehatan

manfaat bit bagi kesehatan

Umbi bit atau beetroot adalah sejenis sayuran yang umum dimanfaatkan umbinya. meskipun ada bermacam-macam jenis, namun yang umum dan memiliki nilai gizi tinggi adalah varietas bit yang berwarna merah ungu dan kuning keemasan. Umbi Bit, atau seringkali juga disebut “bit”, sudah dikenal sebagai makanan super pendatang baru; hal ini karena studi telah mengklaim bahwa bit dan jus bit bisa meningkatkan kinerja atletik, menurunkan tekanan darah, melancarkan aliran darah, dll. Produk baru yang terbuat dari bit kini telah tersedia dimana-mana; terutama dalam bentuk jus atau minuman kesehatan.

Advertisement

Baca juga topik wortel : Kandungan Nutrisi Wortel dan Manfaatnya

Kandungan nutrisi bit

Satu cangkir bit mentah mengandung sekitar 55 kalori, 15 gram karbohidrat (termasuk 10 gr gula dan 4 gr serat), serta 2 gr protein. Sayuran ini juga menyediakan vitamin A,  kalsium, vitamin C,  dan zat besi.

Bit juga merupakan sumber yang kaya akan folat, mangan, serta mengandung beberapa vitamin B kompleks(tiamin, riboflavin, vitamin B 6, asam pantotenat), kolin, betain, magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga dan selenium.

Disamping itu Bit banyak mengandung nitrat, yang diyakini menjadikannya sebagai makanan yang potensial bermanfaat bagi kesehatan(masih dalam penelitian).[referensi:  Benefits of beet root juice – Wake Forest University News Center 2014.]

Manfaat bit bagi kesehatan

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dari semua jenis telah lama dihubungkan dengan penurunan risiko kondisi kesehatan yang berkaitan dengan gaya hidup. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi makanan nabati seperti bit mengurangi risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, serta meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, meningkatkan tenaga, dan menjaga berat badan.

Kesehatan jantung dan tekanan darah :

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2008 yang diterbitkan di Hypertension, meneliti efek dari minum jus bit 500ml pada sukarelawan yang sehat, dan menemukan bahwa tekanan darah mereka menurun secara signifikan. Peneliti menduga hal ini mungkin karena kadar nitrat tinggi dalam jus bit; sementara sayuran yang tinggi nitrat terbukti sebaga cara yang murah dan efektif untuk mengobati kondisi kardiovaskular dan tekanan darah.

Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2010 menemukan hasil yang sama, bahwa minum jus bit bisa menurunkan tekanan darah dengan cepat tergantung dosis.

Demensia :

Para peneliti di Wake Forest University telah menemukan bahwa minum jus bit bisa meningkatkan oksigenasi ke otak, yang pada akhirnya memperlambat perkembangan demensia pada orang dewasa tua. Aliran darah kebagian tertentu karena penurunan otak oleh faktor usia dan menyebabkan penurunan kognisi dan kemungkinan demensia. Mengkonsumsi jus bit sebagai bagian dari diet nitrat yang tinggi bisa meningkatkan aliran darah dan oksigenasi ke daerah-daerah otak yang kurang mendapatkannya.

Coba Juga :   Tumis Bayam Merah Enak dan Sehat

Diabetes :

Bit mengandung antioksidan yang dikenal dengan alpha lipoic acid, yang telah terbukti menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah radikal bebas yang disebabkan karena diabetes. Studi tentang asam alpha lipoic juga menunjukkan penurunan perifer neuropati dan / atau neuropati otonom pada penderita diabetes. [referensi: Nutrition 411, August 2012.]

Pencernaan kelancaran pencernaan :

Karena kandungan seratnya yang tinggi, bit membantu mencegah sembelit dan mempromosikan keteraturan saluran pencernaan yang sehat.

Mendetoksifikasi hati

Bit juga merupakan salah satu makanan yang bermanfaat untuk membersihkan liver/hati kita dari racun dari makanan. Hati bersama dengan ginjal adaha organ penting yang salah satunya bertugas menyaring racun dari makanan sebelum diedarkan keseluruh  tubuh.

Peradangan :

Kolin merupakan nutrisi yang sangat penting dan serbaguna yang terkandung dalam bit bisa membantu menginduksi tidur, gerakan otot, kemampuan belajar dan meningkatkan memori. Kolin juga membantu mempertahankan struktur membran sel, membantu transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan kronis. [referensi:  Choline, Nutrition 411 – 2008.]

Kinerja atlit dan olahraga

Suplementasi juice Bit telah terbukti meningkatkan oksigenasi otot selama latihan/olahraga; yang artinya menunjukkan bahwa peningkatan asupan nitrat  berpotensi meningkatkan toleransi atlet selama latihan ketahanan jangka lama. Orang-orang dengan Penyakit kardiovaskular, pernapasan, atau penyakit metabolik, yang sulit bisa beraktivitas fisik sehari-hari karena kurangnya oksigenasi bisa ditingkatkan. [ referensi: Dietary nitrate supplementation reduces the O2…, Journal of Applied Physiology , October 2009.]

Cara mengkonsumsi bit

Bit bisa dipanggang, dikukus, direbus, di buat acar, dibuat salad, dijus, atau dimakan mentah.

Potensi resiko kesehatan mengkonsumsi bit

Secara keseluruhan diet atau pola makan, yang paling penting adalah untuk pencegahan penyakit dan memperoleh kesehatan yang lebih baik. Lebih baik mengonsumsi beragam makanan daripada hanya berkonsentrasi pada satu jenis makanan sebagai kunci untuk kesehatan yang baik.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *