Kandungan Nurtrisi Mangga Muda

kandungan mangga muda

Mangga muda atau orang didaerah saya menyebutnya pencit, biasanya dicari untuk melengkapi jajanan rujak manis. Ibu-ibu hamil muda juga paling sering ngidam mangga muda yang rasanya bisa sangat masam ini. Mangga mentah yang berwarna hijau dan lezat bagi sebagian orang ini ternyata sehat juga. Hal ini mengandung beberapa nutrisi dalam jumlah cukup baik terutama vitamin C, karbohidrat, dan serat; disisi lain, mangga muda mengandung 0 lemak, 0 sodium,dan 0 kolesterol, jadi tentunya sehat untuk dikonsumsi. Selain itu, makan mangga muda bisa menjadi enak hanya dengan dimakan bersama garam dan gula.

Advertisement

Baca juga : Kandungan nutrisi dan manfaat umbi bit bagi Kesehatan

Fakta kandungan nutrisi mangga muda dan manfaatnya bagi kesehatan

Mangga muda segar mengandung vitamin dan mineral penting, yang baik untuk dimakan saat musim lagi panas dan bisa dimasukkan kedalam beraneka resep makanan yang membutuhkan rasa asam. Mangga mentah mengandung kalori, mineral, dan vitamin yang diperlukan untuk kesehatan manusia. Buah ini mengandung karbohidrat, protein, vitamin seperti vitamin A, C, K, asam folat, kolin, dan mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, kalium dan air. Mangga mentah kaya akan vitamin A dan C dan karenanya bermanfaat bagi tubuh manusia. Selain itu, mengandung air yang memuaskan dahaga selama musim panas. Berikut Manfaat mangga hijau muda bagi kesehatan :

Mencegah tubuh kehilangan air :

Megkonsumsi mangga muda bersama dengan garam bisa membantu mencegah kehilangan kadar air dalam tubuh, sehingga bisa mencegah kehausan dan suhu tubuh tinggi selama cuaca panas.

Mencegah tubuh Kehilangan Mineral :

Makan jus mangga muda saat cuaca sedang panas akan mencegah tubuh kehilangan besi dan sodium klorida . Hilangnya mineral ini saat cuaca panas bisa terjadi karena kelebihan keringat . Dengan demikian, makan jus mangga muda saat cuaca panas juga mencegah kondisi ini.

Mencegah penyakit kudis :

Mangga sangat kaya akan vitamin C dan mencegah penyakit seperti kudis. Kudis adalah kondisi yang salah satunya bisa disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C, dan bisa dicegah dengan mengkonsumsi mangga muda.

Coba Juga :   Kandungan Nutrisi telur dan manfaatnya

Menghindarkan berbagai Masalah Pencernaan :

Saatmusim kemarau yang panas, tubuh manusia sangat membutuhkan banyak air dan nutrisi untuk pencernaan yang sehat. Makan mangga muda bisa membantu penyembuhan  gangguan perut seperti gangguan pencernaan, diare, sembelit, disentri, morning sickness, sembelit, dan dispepsia kronis. Tapi ingat, rasa asam mangga muda yang tinggi bisa menyebabkan sakit perut jika berlebihan; sebaiknya dihindari oleh orang yang memiliki maag atau penyakit lambung.

Mencegah gangguan darah :

Mangga membantu meremajakan sel-sel tubuh dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Banyak masalah yang berhubungan dengan darah, seperti anemia, kanker darah, masalah perdarahan, kolera, TBC, dan disentri ; yang dapat dicegah dengan sering mengkonsumsi mangga muda saat musimnya tiba.

Mencegah Stroke :

Jus mangga muda hijau rebus bisa dikonsumsi saat cuaca panas sebelum pergi keluar dibawah panas matahari untuk mencegah stroke, biang keringat, dan asam di tenggorokan.

Detoksifikasi Liver :

Buah mentah yang asam ini ternyata bermanfaat detosisikasi hati, usus, dan meningkatkan sekresi empedu untuk kesehatan yang lebih baik.

Mencegah Morning Sickness :

Wanita hamil muda bisa memperoleh kesehatan yang lebih baik dengan mengkonsumsi mangga muda dalam jumlah cuykup untuk mencegah mual di pagi hari atau morning sickness. Karena bermanfaat mencegah morning sickness ini, maka tak salah jika ibu hamil muda ngidam mangga muda 😀 .

Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh :

Makan mangga muda juga membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat, sehingga kita lebih sehat dan tahan penyakit seperti flu dan pilek.

Menyehatkan gigi dan mulut

Karena mengandung vitamin C, mangga bagus untuk kesehatan gusi dan mencegah gigi turun lebih awal. Selain itu juga mencegah gusi berdarah(sariawan), bau mulut, dan kerusakan gigi.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *