Kandungan gizi dan manfaat utama Ubi Jalar bagi kesehatan

kandungan nutrisi ubi jalar

Ubi jalar, atau para ahli memasak berpengalaman seringkali menyebutnya dengan sweet potato, adalah makanan yang identik dengan kesederhanaan dalam kehidupan sehari-hari kita. Namun semenjak orang lebih banyak mengenal akan manfaat kesehatan, nama ubi jalar kian mendapat tempat ditempat yang lebih bergengsi. Tak jarang tempat makan yang cukup modern juga menyajikan menu yang berbahan dasar “sweet potato”. Sebagai bahan makanan, ia memiliki kelebihan yang cukup unik; yaitu jika disimpan agak lama justru rasa manisnya akan bertambah. Dan tahukah Anda bahwa ubi jalar yang harganya cukup terjangkau serta mudah dibudidayakan ini mengandung nutrisi yang tinggi serta banyak manfaatnya bagi kesehatan?

Advertisement

Berikut 6 kelebihan ubi jalar yang perlu Anda tahu terutama dari segi kesehatan!

Mengandung gizi tinggi

Kira-kira 1 cangkir ubi jalar mengandung jumlah vitamin C yang mampu mencukupi kebutuhan total tubuh harian 65% . Ubi juga tinggi megnadung kalsium, folat, kalium dan provitamin A. Beta karoten adalah jenis antioksidan yang akan berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh; dan 1 cangkir ubi jalar bisa menyediakan Anda sebanyak 15% dari kebutuhan harian vitamin A Anda. Sisanya adalah nutrisi seperti zat besi, karbohidrat, serat, dan gula. Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang mengandung 0 kolesterol dan 0 lemak jenuh, yang tentu saja tidak beresiko terhadap penyakit yang terkait pembuluh darah. Dengan demikian, ubi jalar adalah makanan yang mengenyangkan, manis, dan bergizi tinggi, meningkatkan tenaga karena juga mengandung kalori yang tinggi, dan secara umum menyehatkan.

Memiliki indeks glikemik yang rendah

Jika Anda kurang mengenali istilah ini, indeks glikemik adalah istilah untuk menunjukkan dampak zat makanan terhadap kadar gula darah. Makanan yang ber-Indeks glisemik tinggi berarti akan membuat kadar gula darah dapat melonjak dengan cepat jika Anda makan. Diabetes adalah kondisi yang mengharuskan penderitanya memonitor kadar gula darahnya, dan perlu untuk menghindari makanan dengan beban indeks glikemik tinggi. Ubi jalar walaupun manis, ternyata memiliki kadar glikemik rendah yaitu hanya 17; sebagai perbandingannya adalah kentang, yang memiliki indeks glisemik 29.

Mudah pengolahaannya

Supaya Anda bisa memperoleh manfaat kesehatan yang maksimal dari makan ubi jalar, sebaiknya tidak membuang kulitnya – karena banyak memiliki potensi menyembuhkan. Juga, Anda tak perlu mengolah ubi jalar dengan berbagai cara yang merepotkan, bahkan tak perlu mengupas kulitnya. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa mengukus atau merebus ubi jalar lebih menyehatkan daripada memanggang atau menggoreng; sekaligus membantu menjaga indeks glikemiknya tetap rendah.

Coba Juga :   Kandungan Nurtrisi Mangga Muda

Baik untuk kesehatan kulit dan kecantikan

Kandungan vitamin A dan beta-karoten yang tinggi, artinyai ubi jalar adalah makanan yang sangat bagus buat kulit. Zat yang ditambahkan pada kebanyakkan produk perawatan kulit yang mahal seperti retinol dan asam retinoat, sebenarnya hanya berasal dari Vitamin A. Plus beta-karoten yang bermanfaat menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan kulit secara dini.

Manfaat tinggi kalium

Kalium adalah salah satu nutrisi yang banyak terdapat pada ubi jalar, merupakan elektrolit penting yang bisa meringankan kram otot yang sering berhubungan dengan kekurangan kalium. Kalium juga bermanfaat menyeimbangkan jumlah natrium dalam tubuh; natrium tinggi dalam darah bisa meningkatkan resiko hipertensi. Pada saat kita stres, tubuh akan menggunakan lebih banyak kalium;  jadi makan ubi jalar bisa membantu melindungi Anda dari efek kesehatan yang negatif dari stres.

Mudah dibudidayakan, murah, dan bebas residu pestisida dan pupuk kimia

Ubi jalar adalah tanaman yang sangat mudah di budidayakan. Ia juga memiliki sangat sedikit hama, sehingga kebanyakan tidak memerlukan pupuk kimia yang banyak dan bebas penggunaan pestisida. Bahan-bahan kimia tersebut merupakan salah satu dari isu penting terhadap meningkatnya beberapa penyakit berat seperti kanker, jantung, stroke, ginjal, dsb. Selain itu, Anda tidak sulit mendapatkannya di pasaran. Sebagus apapun kualitas ubi jalar, harganya masih tetap terjangkau sehingga tak menguras kocek Anda. Bahkan, jika Anda memiliki kebun dipekarangan, Anda bisa menanamnya tanpa harus repot dengan berbagai macam cara perawatan sayuran. Ubi jalar juga mudah disimpan, bahkan semakin lama akan semakin manis rasanya.

Demikian beberapa manfaat penting ubi jalar dilihat dari kandungan nutrisinya, dan jangan ragu untuk memasukkan makanan pedesaan ini kedalam diet sehat Anda!

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Kandungan gizi dan manfaat utama Ubi Jalar bagi kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *