Membuat Kacang Telur Pedas Manis

resep kacang telur pedas manis

Kacang tanah merupakan sumber yang kaya zat gizi penting. Seperti halnya kacang-kacangan jenis lain, jenis kacang ini mengandung protein, lemak tak jenuh, dan beberapa mikronutrisi lain. Rasanya yang gurih, harganya yang terjangkau, serta mudah untuk dibuat aneka makanan, membuatnya sangat populer dimasyarakat. Ada banyak variasi olahan kacang tanah, salah satunya adalah kacang telur; merupakan camilan enak dan bergizi. Bagaimanakah cara membuat kacang telur yang sangat banyak dicari orang tersebut? jika anda ingin membuatnya sendiri untuk keluarga dirumah, berikut bisa Anda coba!

Advertisement

Resep membuat Kacang telur pedas manis

Bahan :

  1. 250 kacang tanah kupas
  2. 2 butir telur diambil putihnya saja
  3. 1 kuning telur
  4. 100 gram tepung terigu
  5. 1/2 kaldu bubuk
  6. 1sdm cabai bubuk
  7. 1/2 sdt garam
  8. 1/4 cangkir gula bubuk
  9. 1/2 sdt baking powder
  10. Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat :

  1. Ratakan kacang kedalam loyang, kemudian oven dengan suhu 130 derajat celcius selama kurang lebih 1 jam. Keluarkan dan dinginkan.
  2. Campurkan putih dan kuning telur, serta garam, kemudian kocok sampai adonan mengembang. Tambahkan gula bubuk, lalu lanjutkan mengocok hingga adonan menjadi kental. masukkan kaldu bubuk dan baking powder. Aduk hingga adonan menjadi rata.
  3. Masukkan kacang tanah yang sudah dingin kedalam adonan. Aduk hingga rata, lalu tiriskan.
  4. Campurkan terigu dan cabai bubuk, kemudian masukkan kacang tanah dan guling-gulingkan sampai berbalut rata. Tiriskan sambil diayak.
  5. Panaskan minyak kedalam penggorengan, setelah panas, kecilkan apinya dengan nyala sedang. Goreng kacang hingga kering dan matang. Angkat dan tiriskan.
  6. Dinginkan, kemudian simpan kacang telur pedas manis kedalam wadah kedap udara.
Coba Juga :   Mie Ayam Cah Jamur

Nah, kini cemilan kacang tanah yang pedas dan gurih buatan Anda sudah siap disajikan. Sambil nonton acara TV kesukaan, hmm, pasti nikmat!

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *