Membuat Donat Kentang

resep membuat donat kentang

Pada dasarnya, bahan untuk membuat donat itu bisa juga mengambil dari ketela pohon, atau ubi jalar. Namun, orang pada umumnya lebih suka membuat donat dari bahan kentang. Namun sebaiknya untuk pertama kalinya, Anda sebaiknya membuat dari bahan yang umum, sebagai media belajar, mungkin lebih mudah daripada ketela. Namun jangan khawatir, resep untuk membuat donat kentang berikut ini adalah yang istimewa, dan jika Anda memperhatikan dengan detail takaran bahan dan cara membuatnya, pasti hasilnya bagus dan enak.

Advertisement

Resep Membuat donat kentang yang sempurna dan enak

Bahan:

  1. 250 gram kentang, dikukus, kupas,  haluskan dan selanjutnya biarkan sampai dingin betul.
  2. 550 gram tepung terigu, pilih yang protein tinggi
  3. 55 gram susu bubuk
  4. 12 gram ragi instan
  5. 110 gram gula pasir
  6. 80 gram mentega
  7. 1/3 sendok teh garam halus
  8. 5 butir telur,  ambil hanya bagian kuningnya saja.
  9. 120 mili liter air dingin

Cara membuat  :

  1. Didalam wadah, campurkan bahan yaitu, tepung terigu, gula, susu bubuk, dan ragi. Aduk hingga rata, kemudian masukkan kentang yang sudah halus dan dingin, dan kuning  telur. Tambahkan air dingin, kemudian diuleni hingga seluruh bahan tercampur rata dan menjadi setengah kalis.
  2. Tambahkan mentega dan garam, lalu lanjutkan dengan diuleni terus hingga menjadi kalis dan elastis, selanjutnya hanya didiamkan selama 15 menit.
  3. Adonan yang sudah kalis tadi dibagi-bagi, yaitu masing-masing sekitar 50 gram, dibulatkan. Diamkan bulatan-bulatan selama 20 menit hingga mengembang.
  4. Sekarang waktunya membentuk donat, dengan cara melubangi pada bagian tengah bulatan adonan tadi.
  5. Segera digoreng sampai warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan, artinya donat sudah matang. Hati-hati, jangan terlalu lama.
  6. Jika donat sudah terlihat berwarna kuning kecoklatan, berarti harus segera diangkat, dan kemudian tiriskan.
  7. Hidangkan donat, boleh ditaburi dengan gula halus, meses, atau boleh juga dihias dengan coklat sesuai selera Anda.
Coba Juga :   Membuat Klepon Ubi ungu yang enak

Tips sukses  :

  • Bahan-bahan harus dipersiapkan semuanya terlebih dahulu, dan jangan sampai ada yang kelewatan.
  • Sama halnya dengan cara membuat roti, yaitu ragi jangan bercampur garam atau mentega, karena ragi bisa mati sehingga adonan tidak mengembang. Caranya, garam dan mentega dimasukan setelah adonan sudah menjadi setengah kalis.
  • Kentang harus benar-benar halus, silahkan saja menggunakan blender, agar adonan menjadi licin.
  • Kentang  harus didinginkan dulu sebelum dibuat donat, karena jika masih panas, raginya bisa mati.
  • Adonan harus diuleni hingga menjadi  kalis elastis, dan lakukan petunjuk sesuai dengan langkah-langkah dalam resep satu persatu dan harus teliti , dan pada tahap membulatkan, lakukan hingga permukaannya  bisa halus dan licin. Bulatan yang halus dan licin akan menjadikan donat menjadi bulat cantik dan sempurna ketika digoreng.
  • Diamkan adonan selama 20 s/d 30 menit,  tergantung cuaca juga sih. Jangan lupa permukaannya sambil dutup plastik,  supaya permukaannya tidak mengering.
  • Gunakan sumpit untuk melubangi bagian tengah donat, dengan cara membuat gerakan memutar pada lubang donat,  yaitu pada saat donat sudah mulai digoreng dan merekah, hal ini agar bentuknya bisa membundar dengan baik. Gerakan memutar ini dimaksudkan untuk membantu membuat donat menjadi bundar sempurna.
  • Goreng donat dengan api sedang, agar donat matang dengan sempurna sampai kebagian dalam. Bila salah satu sisi sudah berwarna kuning kecoklatan, segeralah di balik, dan teruskan menggoreng hingga kedua sisi donat menjadi coklat. Jika sudah merata, angkat dan tiriskan.

Demikian resep membuat donat kentang yang baik dan benar, sehingga hasilnya  cantik dan rasanya enak.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Membuat Donat Kentang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *