Cara Membuat Saos Tomat sendiri

Cara membuat saos tomat

Saus tomat meskipun Ibu-ibu tak terlalu suka masak makanan sendiri, umumnya masih disediakan di rak penyimpanan atau lemari es. Saos tomat memang serbaguna, terutama disaat terdesak untuk berbagai keperluan menambah kekuatan rasa makanan. Kalau Saya sendiri, Anak yang biasanya paling sering mencari saos tomat untuk ditambahkan kedalam makanannya, baik itu untuk makan bersama tempe, tahu, mie goreng, dsb. Produk yang banyak dicari ini memang sudah banyak tersedia dipasaran dari berbagai merek, dari yang berlabel sampai yang polosan semua ada. Nah apakah Ibu pernah kepikiran untuk membuat saos tomat sendiri?… Walaupun kita bisa mudah mendapatkan, saos tomat bikinan sendiri tentu terjamin keasliannya, dan yang penting tanpa bahan pengawet. Dengan demikian, gizi dalam tomat yang di tawarkan masih murni, tanpa kecampuran bahan kimia atau bahan lainnya. Jadi jika peduli kesehatan, kenapa tidak? terutama buat anak-anak kita yang sedang dalam masa pertumbuhan; Kita wajib memberikan yang terbaik buat mereka!. Ohya, terkadang kita bingung kalau harga tomat lagi murah-murahnya, dan ini mungkin bisa menjadi solusi untuk memanfaatkannya.

Advertisement

Cara mudah membuat saos tomat sendiri dirumah

Alat :

  1. Botol
  2. Panci tutup
  3. Panci stainless besar
  4. Panci kecil
  5. Guci pengalengan dan tutup
  6. Blender celup(opsional)

Bahan :

  1. Tomat jumlah sesuai selera, tapi untuk percobaan jangan banyak dulu.
  2. Lemon atau air lemon botolan secukupnya

Cara membuat :

  1. Sterilkan dulu botol/guci penyimpanan dan tutupnya dengan cara direbus kedalam panci besar. Hal ini penting, supaya bakteri pembusuk dan penyebab penyakit tidak mengkotaminasi saos tomat bikinan Kita.
  2.  Pertama, kupas tomat terlebih dahulu. Anda sebenarnya juga bisa membiarkan kulitnya, tapi hal ini tidak disarankan karena akan membuat tekstur saos menjadi kenyal. Untuk mengupas tomat, sebelumnya rendam 6 atau 8 butir tomat selama 45 detik sampai 1 menit kedalam air mendidih(sambil kompor masih dinyalakan)dalam panci besar.
  3. Jangan biarkan tomat terlalu lama dalam air mendidih. Kemudian ambil tomat yang sudah direndam di air mendidih, kemudian langsung masukkan kedalam wadah besar yang berisi air dingin. Tambahkan semangkuk air es.
  4. Setelah beberapa detik tomat akan cukup dingin untuk dipegang. Ambil satu persatu untuk dikupas kulitnya dengan pisau. Lakukan segera dengan cepat.
  5. Ulangi cara-cara diatas untuk semua tomat yang sudah Anda persiapkan(jumlahnya tak terbatas, sesuai keinginan). Kumpulkan/ tampung semua tomat yang sudah dikupas tadi kedalam mangkuk/wadah besar.
  6. Sekarang ambil setiap buah tomat, dan potong menjadi dua bagian. Kemudian hilangkan bagian-bagian yang bentol atau tangkai tomat.
  7. Ambil setiap separoh tomat dan diperas menggunakan tangan, jangan terlalu keras (hanya untuk menghilangkan sebagian air yang masih ada dan biji)
  8. Taruh tomat yang sudah diperas tadi kedalam mangkok penyaring/saringan supaya sisa air yang ada bisa tiris.
  9. Setelah semua tomat siap, maka sekarang adalah saat ntuk membuat saus tomat. Kumpulkan semua tomat keddalam panci stainless yang besar. Jika panci tidak menampung semua tomat, bisa diulangi untuk yang sisanya.
  10. Masak dengan api sedang. Anda bisa menggunakan sendok yang besar untuk menghancurkan mereka. Namun supaya lebih cepat dan hasilnya lebih lembut/halus, sebaiknya menggunakan blender celup. Masak tomat sampai berkurang hingga 1/3 sampai 1/2nya, sesuai dengan ketebalan saos yang Anda sukai. Proses ini bisa berlangsung antara 1 dan 2 jam, tergantung pada seberapa besar panci Anda.
  11. Pada saat saus tomat Anda hampir siap, persiapan tempat untuk pengalengan. Guci penyimpanan/pengalengan harus kering(bisa menggunakan lap bersih).
  12. Sekarang Anda perlu air lemon(bisa hasil perasan sendiri, atau lemon botolan), tambahkan kesemua guci yang sudah Anda persiapkan. Untuk guci pengalengan yang kecil tambahkan 1/2 sdm lemon, dan yang berukuran besar bisa sampai 2 sdm.
  13. Sekarang masukkan saos tomat yang sudah jadi kedalam setiap guci dengan sangat hati-hati. Lebih mudah jika menggunakan gelas ukur atau corong.
  14. Jika guci sudah terisi semua, sekarang tutup dengan penutup dan ring yang kuat dan kedap air.
  15. Setelah semua guci sudah siap, sekarang masukkan kembali kedalam panci besar dan ditutup. Rebus guci pengalengan yang sudah ditutup selama 30 – 40 menit.
  16. Setelah waktunya sudah dapat, angkat semua guci menggunakan pengangkat dan letakkan diatas penahan panci dan bawahnya diberi alas handuk.
Coba Juga :   Bubur untuk Bayi

Sekarang saus tomat sehat buatan Anda sendiri sudah siap untuk disimpan dilemari es, dan siap digunakan kapan saja jika Anda membutuhkannya.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *