Cara membuat Minyak Kelapa – Virgin Coconut Oil

cara membuat minyak kelapa virgin coconut oil

Para ahli kesehatan banyak yang menganggap bahwa minyak nabati yang biasa kita gunakan untuk menggoreng itu adalah sumber lemak jenuh terbanyak, yang apabila terlalu sering dikonsumsi bisa menyebabkan berbagai masalah seperti kolesterol tinggi yang bisa menyebabkan gangguan kardiovaskular yang mengarah kepada penyakit jantung dan stroke. Dan sayangnya, saat ini sepertinya kita sulit melepaskan diri dari belenggu penggunaan minyak untuk banyak menu masakan kita. Lalu apakah ada penggantinya?… sayangnya, semua jenis minyak untuk menggoreng umumnya akan menghasilkan lemak jahat bagi tubuh kita. Tapi jangan keburu cemas, karena masih ada minyak kelapa alami yang dikatakan justru bermanfaat bagi kesehatan.

Advertisement

Kenapa minyak kelapa?

Minyak kelapa sebelumnya pernah dianggap buruk bagi kesehatan karena sebagian besar terdiri dari lemak jenuh. Namun, baru-baru dunia kesehatan menemukan fakta bahwa minyak kelapa tidak seperti minyak nabati umumnya yang terhidrogenasi atau diolah secara kimia – sehingga ia masih kaya akan nutrisi nabati yang sehat. Jika digunakan dalam takaran yang baik, minyak kelapa justru bisa lebih aktif daripada minyak zaitun. Sementara ahli yang lain berpendapat bahwa lemak jenuh pada minyak kelapa adalah lemak rantai menengah, artinya akan dicerna secara berbeda oleh tubuh daripada jenis lemak lainnya – bahkan memiliki aplikasi penting dalam pengobatan untuk berbagai masalah pencernaan dan metabolisme. Hal ini berbeda dengan lemak jenuh yang umum pada minyak nabati yang biasa kita gunakan menggoreng setiap hari.

Manfaat Virgin coconut oil bagi kesehatan

Virgin coconut oil yang dibuat dingin akan memungkinkan minyak untuk mempertahankan lebih banyak manfaat sehat alami, anti-oksidan dan vitamin. Minyak kelapa dari metode pembuatan ini  diyakini memiliki lebih dari 200 manfaat luar biasa bagi kesehatan. Menenggak sesendok setiap hari dikatakan bisa digunakan untuk meningkatkan imunitas, menurunkan tekanan darah, mengurangi nyeri sendi dan bahkan membantu  pengobatan kanker. Juga jika diterapkan pada rambut sebagai minyak dan kulit sebagai lotion bisa meningkatkan tingkat kelembaban dan memperbaiki folikel rambut dan sel-sel kulit yang rusak. Manfaat lainnya termasuk meningkatkan sirkulasi darah, fungsi tiroid, meningkatkan metabolisme, dan bahkan menurunkan berat badan.

KIta tidak akan membicarakan manfaat minyak kelapa bagi kesehatan lebih jauh, karena saya rasa Anda bisa menggali informasinya lebih jauh diluar sana. Dalam artikel ini, jika Anda tertarik, Anda bisa membuat sendiri minyak kelapa dirumah untuk berbagai keperluan memasak  Anda. Karena apa-apa yang kita buat sendiri tentu lebih sehat karena terjamin bebas dari bahan kimia tambahan lainnya yang beresiko terhadap kesehatan – atau diluar negeri disebut dengan Virgin Coconut Oil(tanpa bahan kimia). Baca juga : Cara Membuat Saos Tomat sendiri

Cara membuat minyak kelapa sendiri – virgin coconut oil khusus bagi yang peduli dengan kesehatan

Ada 3 metode untuk membuat virgin coconut oil, yaitu metode basah, mendinginkan, dan mendidihkan. Sediakan bahannya, yaitu kelapa dan air bersih. Untuk selanjutnya ikuti 3 intruksi dari masing-masing metode yang Anda inginkan dan alat yang dibutuhkan. Berikut 3 metode cara membuatnya :

#1. Metode basah

  1. Sebaiknya pilih kelapa yang tua atau yang kulitnya sudah terlihat coklat tua.
  2. Ambil daging kelapa dari tempurungnya.
  3. Kupas kulit tipisnya yang berwarna coklat jika diinginkan.
  4. Potong daging kelapa menjadi kecil-kecil seukuran kira-kira 1/2cmx1/2 cm.
  5. Jika sudah selesai, masukkan potongan daging kelapa kedalam blender.
  6. Nyalakan blender dengan kecepatan sedang, kalau perlu tambahkan sedikit air untuk membantu menghaluskan.
  7. Keluarkan hasil blenderan kelapa, saring menggunakan kain penyaring yang halus. Sedikit demi sedikit bungkus bubur kelapa dengan kain saringan, lalu peras kedalam jar atau botol penyimpanan.
  8. Diamkan jar selama 1×24 jam dalam keadaan tertutup, dan hasilnya dadih akan naik dan berkumpul dibagian atas jar. Untuk cepatnya bisa menggunakan kulkas, atau kalau tidak letakkan diruangan yang sejuk.
  9. Buka penutup jar, ambil dadih yang mengumpul diatas dan buang. Sisanya itu adalah Virgin coconut oil yang sudah siap digunakan.
Coba Juga :   Cara Membuat Tape Ketan Hitam yang Manis

#2. Metode dingin

  1. Ambil kelapa yang sudah dikeringkan(bukan parutan kelapa), bisa diperoleh ditoko.  Atau bisa mengeringkan sendiri kelapa yang masih segar menggunakan alat pengering – bisa menggunakan oven dengan suhu paling rendah selama 8 jam atau sampai daging kelapa yang sebelumnya sudah dipotong-potong kecil kering.
  2. Proses kelapa kering seluruhnya dengan juicer dengan cara sedikit demi sedikit, karena jika langsung banyak sekaligus bisa menyumbat. Ulangi proses sekali lagi sampai minyak benar-benar keluar seluruhnya.
  3. Simpan minyak hasil ekstraksi kelapa kering dengan juicer tadi kedalam botol tertutup selama 24 jam.
  4. Sesudahnya, minyak kelapa murni akan naik ke bagian atas, sementara sisanya akan mengendap di dara botol. Pisahkan minyak dengan krim sisa menggunakan sendok, simpan kedalam wadah yang lain.

#3. Metode memanaskan

  1. Kedalam panci, masukkan 4 gelas air. Gunakan api sedang sampai air mengepulkan uap.
  2. Ambil daging dari 2 butir kelapa yang sudah tua betul, kemudian diparut.
  3. Masukkan parutan kelapa kedalam blender, lalu tuangkan air yang sudah panas tadi. Tutup blender, dan proses sampai parutan kelapa dan air membentuk halus atau menjadi bubur. Hati-hati, pegang blender dengan kuat serta jangan diisi penuh. Jika blender terlalu kecil atau tidak muat, bisa dilakukan bertahap.
  4. Saring bubur kelapa yang sudah siap menggunakan kain penyaring halus, gunakan spatula untuk menekan-nekan sampai cairan santan benar-benar keluar semua.
  5. Rebus air kelapa kedalam panci di atas kompor dengan api sedang sampai tinggi. masak hingga mendidih dan menguap sambil terus diaduk-aduk. Lakukan sampai berubah warna kecokelatan dan bubuk terpisah dari minyaknya. Bersabarlah karena porses ini bisa lumayan lama, yaitu sampai 2 jam.
  6. Jika Anda menginginkan tidak sampai mendidih, Anda bisa memisahkan antara krim dan minyak sendiri. Tempatkan cairan kedalam mangkuk dan menutupnya dengan plastik. Biarkan pada suhu kamar selama 24 jam, kemudian simpan di lemari es sampai minyak memadat dan mengapung ke atas. Saring minyak untuk memisahkannya dengan air.
Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *