Cara membuat lontong bungkus plastik

cara membuat lontong bungkus plastik

Lontong pada umumya memang berbungkus daun pisang. Namun karena saat ini orang lebih suka yang praktis dan mudah, maka plastik sekarang seringkali dijadikan sebagai pengganti daun pisang. Lontong ini memang paling pas dimakan bersama dengan sayur kuah santan yang terdiri dari kentang, kaldu ayam, hati sapi, sambal goreng krecek, yang biasa dihidangkan pada hari lebaran. Tekstur lontong yang lebih lembut dari nasi, banyak membuat orang menginginkannya setiap saat. Nah jika Anda ingin membuat lontong sendiri, berikut ini bisa Anda ikuti tata cara nya :

Advertisement

Cara Praktis membuat lontong dengan bungkus plastik

Bahan :

  1. 1/4 kg beras putih. Cuci dengan air hingga bersih, setelah itu tiriskan dengan didiamkan beberapa saat hingga kering atau kesat.
  2. Plastik ukuran 1/4 kilogram, atau sesuai selera. Ambil beberapa buah, tusuk-tusuk plastik dengan tusuk gigi, supaya air bisa masuk dan lontong bisa masak.
  3. Air untuk merebus secukupnya
Coba Juga :   Beras Merah yang Pulen dan Enak

Cara membuat :

  1. Isi plastik dengan beras yang sudah dipersiapkan sebanyak kira-kira 1/3 bagian saja, jangan sampai terlalu lebih banyak lagi.
  2. Buat agar plastik menututp dengan jalan disulut pakai api lilin, atau menggunakan pres penutup plastik.
  3. Persiapkan panci dengan diisi air secukupnya, masukkan lontong yang sudah disiapkan tadi. Rebus palig tidak selama 2 jam, atau selamanya 3 jam. Lontong sudah siap diangkat apabila plastik sudah terlihat penuh padat berisi.
  4. Apabilan sudah selesai diangkat, tiriskan lontong sampai dingin.
  5. Sajikan lontong dengan sayuran kuah santan, soto daging, sambal goreng, atau bahkan bakso, sesuai dengan selera Anda.
  6. Demikian cara praktis membuat lontong menggunakan pembungkus plastik, mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.
Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *