Cara memasak pare yang tidak pahit

nutrisi pare

Pare merupakan sayuran yang khas dengan rasa pahitnya. Bagi beberapa orang, rasa pahit pada pare justru yang mereka inginkan, bahkan ada yang berpendapat ” Kalau nggak mau pahit, ya jangan makan pare” 😀 . Mungkin ada benarnya, tetapi banyak orang yang menyukai makan pare namun tak menghendaki rasa pahitnya. Ya nggak apa-apalah, kan selera orang berbeda-beda. Namun perlu juga diketahui bahwa beberapa orang juga terpaksa mau makan pare hanya karena mengerti tentang manfaat dan kandungan gizinya. Dibalik rasa pahitnya, ternyata pare mengandung tinggi zat yang bermanfaat bagi kesehatan termasuk antioksidan, vitamin, mineral, serat serta beberapa zat kimia yang bersifat obat terutama untuk diabetes. Omong-omong, bisakah rasa pahit alami pare tersebut dihilangkan?… jawabannya tidak bisa 🙂 , tapi kalau mengurangi saja ada beberapa metode umum.

Advertisement

Berikut cara memasak pare dengan mengurangi rasa pahit alaminya

  1. Ini adalah cara pertama dan paling banyak diaplikasikan. Pertama, buang biji pare sekaligus selaputnya yang berwarna putih. Kemudian iris pare yang sudah dibersihkan bijinya tipis-tipis, taburi dengan garam halus kemudian remas-remas dengan kuat sampai pare lunak. Sisihkan sebentar selama 20 menitan, setelah itu cuci dengan air yang mengalir sampai bersih. Sekarang pare siap dimasak dengan rasa pahit yang sudah banyak berkurang. Selain garam, Anda juga bisa menggantinya dengan gula pasir dengan cara yang sama.
  2. Metode yang kedua adalah dengan menggunakan daun jambu biji. Caranya cukup mudah, ambil daun jambu biji sebanyak 10 lembar untuk 1/2 kilo gram pare. Bersihkan pare seperti metode pertama tadi, kemudian rebus dengan air mendidih selama 5 menit bersama daun jambu biji yang sudah dicuci dan diremas-remas sebelumnya.
  3. Selain direbus menggunakan daun jambu biji, untuk mengurangi rasa pahit pare Anda juga bisa merebusnya bersama dengan tanah liat kering lempengan yang banyak dijual dipasar tradisional.
Coba Juga :   Cara Memilih Telur yang Baik

Perbaduan bumbu yang pas dan bahan memasak tertentu juga bisa mengurangi rasa pahit pada pare. Untuk itu Anda bisa mengolah pare menjadi tumis pare dengan ebi atau ikan teri. Berikut salah satu cara memasak pare dengan menumis sederhana untuk mengurangi rasa pahitnya:

Bahan:

  1. 1/4 kilogram pare segar
  2. 1/2  bawang bombay sedang, rajang halus
  3. 2 siung bawang putih, iris tipis-tipis
  4. 4 butir bawang merah, iris tipis-tipis
  5. 120 gram ikan teri atau bisa juga ebi atau udang kecil
  6. 3 buah cabe rawit, iris-iris
  7. 1 lembar daun salam
  8. 1 batang sereh
  9. 1 lembar daun jeruk purut
  10. minyak untuk menumis
  11. gula pasir dan garam secukupnya

Cara memasak :

  1. Belah pare, buang biji dan selaput yang ada didalamnya. Setelah itu iris tipis-tipis, lalu taburkan garam halus dan remas-remas pare sampai lembek. Diamkan sebentar sekitar 15-20 menit, setelah itu cuci sampai bersih dibawah air kran yang mengalir. Sisihkan.
  2. Tumis rajangan bawang bombay, bawang merah, cabe rawit, dan bawang putih sampai aroma harumnya keluar(jangan sampai gosong). Kemudian masukkan daun jeruk purut, daun salam,  dan sereh. Aduk-aduk hingga rata, lalu diamkan sebentar sebentar.
  3. Sebelumnya Cuci bersih ikan teri atau udang ebinya, kemudian bersama pare dimasukkan. Aduk hingga rata. Masak terus sampai pare menjadi layu atau hampir matang.
  4. Tambahkan garam dan gula, atau kalau perlu ditambahkan juga vetsin supaya lebih sedap rasanya.
  5. Pare yang nikmat dan sedikit rasa pahit siap dinikmati

Anda juga bisa memasak pare dengan cara lain, yaitu dengan menambahkan tahu, ini resep tumis pare yang lainnya!

Demikian beberapa metode untuk mengurangi rasa pahit pada buah pare yang dikenal berkhasiat bagi kesehatan.

Advertisement

One thought on “Cara memasak pare yang tidak pahit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *