Resep Membuat Bumbu Pecel Madiun

resep bumbu pecel madiun

Pecel madiun memang cukup terkenal setelah pecel Blitar, namun pada dasarnya kedua bumbu pecel khas daerah ini sama saja. Lalu apa yang membedakan?.. Hal ini mungkin tiap daerah memiliki kebiasaan rasa yang berbedam misalnya Blitar cenderung menyukai dominan rasa manis pada masakan, dsb. Jadi hal yang bisa membedakan rasanya adalah jumlah/takaran bumbu dan tingkat kematangan kacang sebagai bahan dasar bumbu pecel dan takaran penggunaan gula merah. Tapi tak menutup pula kemungkinan penambahan bahan tambahan lain. Cara menggoreng kacang tanahnya pun bisa sangat mempengaruhi rasa dari bumbu pecel itu sendiri, dan ini mungkin buruh sedikit pengalaman; bahkan api apa yang digunakan pun bisa berpengaruh, misalnya apakah Anda menggunakan kayu bakar atau Gas untuk menggorengnya.

Advertisement

Berikut resep sambel kacang bumbu Pecel Madiun lengkap

Bahan :

  1.  1/2 kg kacang tanah kupas
  2. 4 ruas kencur, kupas
  3. 5 lembar daun jeruk purut dibuang tulang daunnya
  4. 300 gr gula merah, disisir
  5. 1,5 sdt terasi goreng
  6. 1,5 sdt garam
  7. 5 siung bawang putih, rebus sebelumnya
  8. 5 buah cabai merah, rebus sebelumnya
  9. 8 buah cabai rawit, rebus sebelumnya
  10. Air asam jawa secukupnya
  11. Air panas secukupnya

Cara membuat :

  1. Goreng kacang tanah dengan api sedang sambil sebentar-sebentar diaduk, supaya jangan sampai gosong. Angkat dan tiriskan.
  2. Ulek kacang tanah sampai agak hancur, kemudian masukkan gula merah, garam, terasi, bawang putih, daun jeruk purut, cabe merah, cabe rawit, dan kencur yang sudah Anda persiapkan, kecuali air panas dan air asam. Uleg terus bumbu, tapi jangan sampai terlalu lembut tapi juga tak terlalu kasar – perkirakan sendiri sesuai selera.
  3. Jika bumbu pecel akan segera dipergunakan, tambahkan air panas dan air asam dengan perbandingan yang sama untuk mengencerkannya . Jangan terlalu encer – perkirakan sendiri sesuai selera.
  4. Tuangkan bumbu sambel pecel ke atas nasi beserta sayuran yang sudah dipersiapkan. Sayuran bisa terdiri dari kacang panjang rebus, bayam rebus, kubis rebus, dan tauge yang telah direndam air panas. Pecel madiun ini akan semakin cocok jika ditambahkan perkedel atau mendol tempekeringan tempe, rempeyek kacang, daun kemangi, rajang ketimun, dan biji lamtoro muda.
Coba Juga :   Kandungan Nutrisi Tempe

Tips :

  • Untuk membuat bumbu yang enak, hancurkan dengan ulegan secara tradisional – bukan pakai blender.
  • Pastikan kacang tanah digoreng dengan tingkat kematangan yang cukup, dan tidak gosong.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *