Resep Ayam Ungkep Goreng

resep ayam ungkep goreng

Ayam ungkep adalah istilah dalam mengolah atau memasak daging ayam tradisional yang merupakan warisan tradisi turun-temurun derah Jawa; tekniknya yaitu, sebelum ayam di goreng, ayam direbus dahulu dengan bumbu dan rempah agar mendapatkan rasa yang lebih lezat serta memiliki daging yang empuk. Tak hanya itu, manfaat masak ayam dengan diungkep terlebih dahulu adalah supaya terjamin bebas bakteri atau virus – seperti yang sudah diketahui bahwa ayam dan unggas lain adalah daging yang paling mengandung virus dan bakteri. “Ungkep” adalah istilah untuk mendeskripsikan sesuatu(umumnya makanan)yang ditutup rapat dalam wadah kemudian direbus. Jadi ayam ungkep adalah ayam yang dimasak dengan cara dibumbui, direbus dan ditutup rapat hingga matang.

Advertisement

Sebenarnya, ayam ungkep adalah dasar memasak daging ayam sebelum diolah secara final, yaitu bisa digoreng, dibakar, atau di bumbu kecap, dan lain-lain.

Berikut cara masak ayam ungkep – tradisi khas Jawa

Bahan :

  1. 1 ekor ayam, potong-potong menjadi beberapa bagian sesuai selera.
  2. Daun pisang untuk tutup
  3. Minyak goreng
Coba Juga :   Sate Ayam Saus petis

Bumbu dihaluskan :

  1. 7 buah bawang putih
  2. 1 ruas jari kunyit
  3. 2 sdm ketumbar
  4. 3 cm lengkuas
  5. 1 ruas jari jahe
  6. 4 butir kemiri
  7. 2 sdt garam
  8. 2 lembar daun jeruk

Cara Membuat :

  1. Setelah semua bumbu di haluskan, taruh kedalam wadah.
  2. Masukkan potongan daging ayam kedalam wadah tersebut. Aduk-aduk dengan tangan sampai bumbu merata pada semua potongan daging ayam. Boleh ditambah penyedap masakan jika diinginkan.
  3. Masukkan kedalam panci atau wajan, tutup dengan daun pisang, lalu  tutup lagi atasnya dengan tutup panci atau cobek tanah liat(jika pakai  wajan).
  4. Masak dengan api sedang sampai ayam mengeluarkan air dan matang.
  5. Angkat.
  6. Goreng daging ayam yang sudah diungkep tadi bersama bumbunya kedalam minyak panas sampai matang

Jika ingin membuat ayam goreng lengkuas, Anda hanya tinggal menambahkan parutan lengkuas goreng banyak-banyak untuk mendapatkan seperti ayam bumbu kremes.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *