Ayam Betutu Khas Bali

Ayam betutu gilimanuk bali

Ayam Betutu adalah masakan khas daerah pelabuhan Gilimanuk Bali, yang biasa disajikan pada acara-acara keagamaan dan ritual adat; tapi juga banyak dijual dan juga sebagai hidangan biasa. Biasanya masakan ini banyak digemari dan dicari oleh turis baik mancanegara maupun domestik karena rasanya yang memang enak, sehingga restoran dan hotel-hotel berbintang pun menyediakan hidangan ini. Betutu sendiri adalah dibuat dari ayam atau bisa juga itik utuh yang diberi bumbu pada rongga perutnya, dan cara memasaknya pun cukup unik yaitu dipanggang dalam bara api yang menganga 😀 . Namun Anda akan menggunakan oven jika tidak sempat membuat lubang ditanah dan menyiapkan bahan perapian. Tengok juga resep bali yang lain  : Ayam bumbu Bali yang lezaat

Advertisement

Bahan :

  1. Seekor ayam atau bebek utuh, bersihkan bulunya, keluarkan jerohannya dan bersihkan.
  2. Seikat daun singkong muda, rebus hingga lunak. Peras dan potong-potong.
  3. Minyak goreng untuk menumis
  4. Beberapa lembar daun pisang atau bisa diganti aluminium foil sebagai pembungkus.

Bumbu :

  1. 3 lembar daun jeruk purut
  2. 1 batang sereh, iris-iris tipis halus
  3. 1 ibu jari lengkus, rajang
  4. 1/2 sdt pala bubuk
  5. 3 cm kunyit, cincang
  6. 3 cm jahe jahe, cincang
  7. 3 cm kencur, cincang
  8. Garam dan gula secukupnya

Bumbu dihaluskan :

  1. 8 buah cabai merah
  2. 6 cabe rawit
  3. 6 buah kemiri, sangrai
  4. 12 buah bawang merah
  5. 7 siung bawang putih
  6. 1 sdm ketumbar, disangrai
  7. 1/2 sdm merica utuh
  8. 1 sdt terasi matang
Coba Juga :   Mangut Ikan Pe

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak, tumis semua bumbu termasuk bumbu halus sampai berbau harum dan mengering. Kemudian angkat dan dinginkan, lalu bagi menjadi dua bagian.
  2. Campur sebagian bumbu dengan daun singkong, kemudian masukkan kedalam rongga ayam tempat kerohan. Setelah itu tutup rongga ayam/bebek tadi dengan disemat menggunakan tusuk gigi.
  3. Sebagian bumbu gunakan untuk melumuri permukaan dan bawah kulit ayam. Kemudian bungkus dengan daun pisang beberapa lapis, lalu diikat erat menggunakan tali.
  4. Panggang ayam kedalam oven 180 derajat C hingga  sekitar 3 jam atau sampai matang. Angkat.
  5. Potong-potong ayam dan dihidangkan.

Tips :

Sebelum ayam dipanggang dalam oven, supaya lebih empuk bisa dikukus terlebih dulu sekitar 1 jam. Jika dikukus, proses pemanggangan cukup 1 jam saja.

Demikian resep memasak Ayam betutu Khas Gilimanuk Bali, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kesempatan Anda yaitu menggunakan oven. Secara tradisional, ayam betutu seharusnya dibakar dalam lubang dengan ditutup bara sekam membara selama sekitar 7 jam dengan dilapisi daun pisang beberapa lapis kemudian dibungkus lagi dengan pelepah daun pinang supaya tak terjangkau api secara langsung.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *